FITNESS & HEALTH

Beberapa Penyebab Kamu Merasa Mual saat Menstruasi

Kumara Anggita
Selasa 13 Juli 2021 / 15:11
Jakarta: Sejumlah orang tidak merasa nyaman saat sedang menstruasi. Bahkan, beberapa dari mereka merasakan mual.

Jika kamu juga mengalami keluhan serupa, jangan khawatir ya! Ini adalah sesuatu yang cukup umum. Biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal dan kimia yang terjadi selama siklus menstruasi.

Namun, ada beberapa kondisi lain yang perlu kamu ketahui terkait mual saat menstruasi. Berikut penjelasannya dari Healthline:
 

1. Dismenore


Dismenore, atau kram menstruasi yang menyakitkan adalah penyebab paling umum dari mual selama menstruasi. Pada dismenore primer, nyeri disebabkan oleh peningkatan kontraksi uterus.

Hal ini terjadi ketika lapisan rahim kamu membuat sejumlah besar prostaglandin, hormon yang mengontrol kontraksi rahim. Pada dismenore sekunder, nyeri menstruasi berhubungan dengan kondisi medis lain, seperti endometriosis.
 

2. Sindrom pramenstruasi (PMS)


PMS melibatkan gejala fisik dan emosional yang terjadi 1 hingga 2 minggu sebelum menstruasi. Gejala berlanjut ketika menstruasi dimulai, tetapi biasanya hilang setelah beberapa hari.

Pakar medis percaya PMS disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi. PMS juga melibatkan dismenore, yang dapat menyebabkan mual karena rasa sakit dan peningkatan prostaglandin.
 

3. PMDD atau premenstrual dysphoric disorder


PMDD adalah bentuk PMS yang parah. Seperti PMS, PMDD terkait dengan perubahan hormonal selama siklus menstruasi.

Namun, pada PMDD, perubahan hormonal dapat menyebabkan rendahnya kadar serotonin, bahan kimia alami di otak kamu. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan perubahan emosional yang intens. PMDD menyebabkan gejala fisik yang sama dengan PMS, termasuk mual dan kram.
 

4. Endometriosis


Jaringan yang melapisi rahim disebut endometrium. Jaringan ini membengkak, rusak, dan luruh selama periode menstruasi.

Ketika jaringan serupa tumbuh di luar rahim, maka itu disebut endometriosis. Biasanya memengaruhi ovarium, saluran tuba, dan jaringan di sekitar rahim.

Seperti endometrium, jaringan ini menebal dan berdarah selama menstruasi. Sehingga menyebabkan rasa sakit sangat parah dan mual. Jika jaringan tumbuh di dekat usus, dapat menyebabkan mual dan muntah, terutama selama menstruasi.
(FIR)

MOST SEARCH