FITNESS & HEALTH

Hindari Perasaan Tidak Bahagia, Inilah 5 Cara yang Bisa Dilakukan

Raka Lestari
Selasa 04 Januari 2022 / 17:00
Jakarta: Memiliki perasaan yang bahagia tentu menjadi cita-cita dari banyak orang. Paling tidak kita menginginkannya sehari-hari bukan?

Ada berbagai hal yang bisa membuatmu merasa bahagia. Namun sayangnya, beberapa hal yang ada di lingkungan kita sering kali membuat kita menjadi tidak bahagia. Untuk itu, kamu perlu menghindari hal-hal yang bisa membuat tidak bahagia tersebut. 

Dilansir dari Elite Daily, berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari diri sendiri dari perasaan tidak bahagia: 
 

1. Selalu ingat hal-hal yang membuat bahagia


Setiap kali kamu merasa dalam suasana hati yang buruk, cobalah untuk selalu mengingat-ingat hal yang bisa membuatmu tersenyum. Kadang-kadang, kamu hanya perlu dorongan dorongan kecil untuk mengubah aura negatif di sekitarmu. 

Carol Tuttle, seorang guru, pembicara, penyembuh energi, dan penulis dari Remembering Wholeness, mengatakan, "Pasang pengingat di ponsel setiap dua jam untuk membuatmu tersenyum tanpa alasan apa pun." Pengingat tersebut bisa berupa lelucon, percakapan menarik, atau video-video lucu yang kamu simpan. 


cara agar bahagia
(Salah satu yang bisa bikin kamu bahagia, cobalah dengan mengakhiri hari dengan rasa syukur. Salah satunya adalah bisa dengan menuliskan hal-hal baik yang terjadi dalam 24 jam terakhir. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

2. Akhiri harimu dengan selalu bersyukur


Tuttle mengatakan kepada Elite Daily bahwa untuk membantumu dalam menangkis pikiran atau emosi yang tidak menyenangkan, cobalah dengan mengakhiri hari dengan rasa syukur. Salah satunya adalah bisa dengan menuliskan hal-hal baik yang terjadi dalam 24 jam terakhir. Ini juga bisa dilakukan setiap kali kamu merasa rendah diri.
 

3. Lakukan sesuatu yang kamu kuasai


Lakukan sesuatu yang kamu kuasai untuk meningkatkan rasa penghargaan terhadap diri sendiri. Menurut David Brudö, CEO dari aplikasi mengenai kesehatan mental dan pengembangan pribadi, Remente menghabiskan satu jam atau lebih menyibukkan diri dengan aktivitas yang benar-benar kamu kuasai akan membuatmu merasa jauh lebih baik. 
 

4. Memaafkan diri sendiri


Menurut Clarissa Silva, seorang ahli perilaku, pelatih hubungan, dan pencipta Metode Your Happiness Hypothesis mengatakan hal terbaik yang dapat kamu lakukan pertama-tama adalah dengan membiarkan diri merasakan apa pun yang kamu rasakan. 

Setelah itu biarkan perasaan tersebut dan maafkan apa saja penyesalan yang kamu miliki. Memaafkan diri sendiri atas apa yang terjadi dapat mengubahmu menjadi orang yang lebih baik. 
 

5. Perhatikan kesehatan mental 


Menurut Canadian Mental Health Association of Ontario, kesehatan mental dan fisik berkaitan satu sama lain. Dengan kata lain, kesehatan fisik yang buruk dapat menyebabkan kesehatan mental yang buruk, dan sebaliknya. Jadi untuk menjaga perasaan tidak bahagia pada dirimu, pastikan juga untuk memperhatikan kesehatan fisik terlebih dahulu. 

(TIN)

MOST SEARCH