FITNESS & HEALTH

Diduga Dialami Bruce Lee Sebelum Meninggal, Kenali Efek dan Gejala dari Overhidrasi

Medcom
Rabu 23 November 2022 / 19:07
Jakarta: Kelebihan minum air diduga menjadi penyebab aktor Bruce Lee meninggal dunia 50 tahun lalu. Riset itu berasal dari Clinical Kidney Journal, di mana menyebut seniman bela diri tersebut meninggal mendadak karena tidak mampu mengeluarkan air ekstra.

Air sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk kelancaran fungsi tubuh dengan baik. Bahkan, tubuh manusia terdiri atas 60-70 persen air di dalamnya. Maka dari itu, mengonsumsi air adalah hal penting bagi manusia.

Namun, hal berlebihan tidak selalu bagus. Minum air pun harus tetap memerhatikan batas konsumsi untuk kesehatan tubuh. Karena terlalu banyak minum air juga tidak baik bagi kesehatan, lho.

Ternyata, terlalu banyak mengonsumsi air juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Kondisi di mana terlalu banyak air bisa menyebabkan overhidrasi atau hiponatremia. 

Overhidrasi atau hiponatremia terjadi ketika kadar natrium dalam aliran darah menjadi sangat rendah. Padahal, manusia sangat membutuhkan jumlah natrium yang memadai dalam aliran darah untuk membantu sel-sel menahan air. 


(Salah satu gejala overhidrasi yaitu sakit kepala. Ini muncul sebagai tanda ada kondisi keracunan pada tubuh yang tidak bisa diatasi dengan mudah. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

Ketika minum terlalu banyak air, kadar natrium menjadi encer dan sel-sel tergenang air. Melansir dari Mayo Clinic, seseorang yang mengalami hiponatremia dapat mual dan muntah, sakit kepala, kelelahan, sangat mengantuk, kelemahan otot, kejang, dan bisa sampai koma. 

Hiponatremia sendiri dibagi menjadi dua, yaitu kronis dan akut. Ketika hiponatremia berkembang menjadi kronis, kadar natrium dapat turun secara bertahap selama 48 jam atau lebih. Gejala komplikasinya kemudian akan muncul secara bertahap. 

Sedangkan hiponatremia akut, terjadi ketika kadar natrium turun dengan cepat, sehingga menghasilkan efek yang berpotensi berbahaya, seperti pembengkakan otak yang dapat mengakibatkan koma dan kematian.

Seseorang yang mengalami overhidrasi, akan mengalami beberapa tanda dan gejala, seperti:

- Mual dan perasaan ingin muntah lainnya. Kondisi ini terjadi karena perut terasa penuh sehingga susah untuk bergerak dengan bebas
- Sakit kepala yang susah ditahan. Sakit kepala ini muncul sebagai tanda ada kondisi keracunan pada tubuh yang tidak bisa diatasi dengan mudah
- Gangguan pada kesehatan mental. Seseorang akan mudah mengalami kebingungan dan disorientasi
- Otot menjadi lemah dan mudah sekali mengalami kram. Kondisi ini adalah buntut dari menurunkan kadar garam di dalam tubuh akibat volume air yang tidak terkontrol 
- Pingsan berkali-kali dan kerap kehilangan kesadarannya dengan maksimal
- Lumpuh di beberapa bagian tubuh
- Koma akibat tubuh kekurangan elektrolit yang bermanfaat dalam menunjang organ tubuh

Jika kamu mengalami tanda-tanda di atas, kamu bisa pergi ke dokter untuk berkonsultasi. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi konsumsi cairan dari sebelumnya agar batasan cairan yang diperlukan tubuh dapat terkontrol.



Aulia Putriningtias
(TIN)

MOST SEARCH