FITNESS & HEALTH

Jangan Dikupas, 5 Kulit Buah dan Sayuran Ini Bermanfaat bagi Tubuh

Raka Lestari
Rabu 20 April 2022 / 08:00
Jakarta: Saat mengonsumsi buah atau sayuran, kebanyakan orang pasti akan membuang kulitnya. Padahal, kulit buah dan sayuran umumnya mengandung antioksidan, serat, vitamin, dan mineral yang justru terkadang lebih tinggi daripada daging buahnya sendiri. 

Perlu diketahui, buah-buahan dan sayuran yang belum dikupas ternyata memiliki serat hingga 33 persen lebih banyak daripada yang tanpa kulitnya lho!

Bahkan, kadar antioksidan dalam kulit buah bisa 328 kali lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam daging, menurut Malina Malkani, MS, RDN, CDN, pencipta Wholitarian Lifestyle. 

Melansir dari Reader's Digest, inilah beberapa buah dan sayuran yang sebaiknya tidak dikupas kulitnya:

 

Beri, ceri, dan anggur

Menurut Malkani, lebih baik memakan buah beri, ceri dan anggur tanpa harus mengupas kulitnya. Bagian kulit dari buah-buahan tersebut mengandung banyak antioksidan dan nutrisi. Seperti kulit anggur yang memiliki jumlah antioksidan tertinggi jika dikonsumsi secara utuh.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Pir, peach, dan plum

Kulit buah peach, pir, dan plum sangat kaya akan serat, nutrisi, dan antioksidan. Satu studi bahkan menemukan bahwa menghilangkan kulit persik menghasilkan antioksidan 13 hingga 48 persen lebih sedikit. Namun, untuk buah-buahan dan sayuran yang tidak dikupas, pastikan untuk selalu membersihkan kulitnya secara menyeluruh sebelum dikonsumsi ya!


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Apel

"Kulit apel memiliki serat yang tidak larut, vitamin C, vitamin A, dan kuersetin flavonoid," kata Hillary Cecere, MS, RDN, seorang ahli diet terdaftar. Meskipun, kulit apel mengandung begitu banyak nutrisi dan serat, mereka adalah buah yang memiliki kandungan pestisida yang lebih tinggi. Jadi pastikan untuk mencucinya dengan baik atau mempertimbangkan untuk membeli apel organik.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Tomat

Kulit tomat memiliki konsentrasi tinggi flavonoid naringenin yang dapat mengurangi peradangan dan melindungi terhadap beberapa penyakit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa memasak tomat dengan kulitnya dapat meningkatkan kandungan nutrisi.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Kiwi dan mentimun

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa kulit kiwi ternyata bisa dimakan. Menurut Malkani, kulit kiwi memiliki banyak vitamin C, dan memakan buah kiwi dengan serat dapat meningkatkan tiga kali lipat jumlah sera.

Sedangkan, kulit mentimun mengandung vitamin K, serat, dan kalium. Namun, kulit mentimun terkadang memiliki zat lilin. Kulit mentimun bisa mengandung lilin, jadi pastikan untuk mencuci dengan baik dan bahkan menggunakan handuk kertas untuk menggosok lapisan lilinnya.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) 
(yyy)

MOST SEARCH