FITNESS & HEALTH

Kampanye #StartFresh, Ajak Masyarakat Pilih Susu Sesuai Kebutuhan, Bukan Sekadar Ikut Tren

Aulia Putriningtias
Sabtu 07 Oktober 2023 / 15:14
Jakarta: Susu menjadi salah satu kebutuhan yang masyarakat seringkali konsumsi. Namun, dalam pemilihan susu, tentunya perlu diperhatikan, tidak hanya ikut-ikutan tren yang ada.

Pandemi Covid-19 mengajarkan masyarakat untuk makin peduli terhadap kesehatan. Salah satunya tercermin dari perilaku mereka yang menjadi lebih kritis memilih asupan makanan dan minuman sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

Pergeseran ini juga melahirkan berbagai produk makanan dan minuman alternatif. Hal ini dikarenakan hampir 70 persen konsumen Indonesia siap membayar lebih untuk makanan yang lebih sehat.

Terkait perkembangan tren dan pola gaya hidup sehat, dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp. GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Siloam TB Simatupang, menyampaikan bahwa setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi berbeda. Sehingga, memang kebutuhan asupan nutrisi tidak bisa disamaratakan.  

Susu berbasis protein nabati maupun hewani memiliki kesamaan yang sehat bernutrisi. Susu plant-based merupakan pilihan alternatif bagi mereka yang tidak mampu menerima dan mengolah laktosa serta alergi protein tertentu. Namun pada umumnya, susu plant-based masih memerlukan fortifikasi untuk meningkatkan nilai nutrisinya.

"Bagi yang tidak memiliki kebutuhan khusus, bisa mengonsumsi susu protein hewani seperti fresh milk pasteurisasi karena nutrisinya lebih lengkap, baik untuk usia anak atau dewasa," jelas dr. Christopher dalam acara konferensi pers kampanye #StartFresh, Jumat, 6 Oktober 2023, di Jakarta Selatan.

Menurut dr. Chris, baik fresh milk pasteurisasi maupun susu nabati memiliki karbohidrat dan protein yang dibutuhkan. Namun, untuk susu nabati sendiri cenderung memiliki kandungan yang lebih tinggi, sehingga tidak disarankan bagi pengidap diabetes dan yang ingin menurunkan berat badan.

"Oleh karenanya, kita harus mindful ketika memilih, bukan sekedar ikut-ikutan namun pastikan pilihan kita tepat demi daya tahan tubuh yang lebih kuat dan tubuh dapat bekerja dengan maksimal," tegasnya.

Menurut Fiona Anjani Foebe selaku Chief Marketing Officer Greenfields Indonesia, sebanyak 71 persen masyarakat Indonesia lebih memilih minuman fungsional dibandingkan yang biasa. Minuman fungsional adalah minuman yang mempunyai fungsi-fungsi fisiologis tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan.

Namun, disayangkan bahwa salah satu alasannya karena dianggap lebih sehat. Menurutnya, gebrakan untuk menyadari kepentingan susu yang sesuai merupakan langkah baik dalam mengedukasi masyarakat

Kampanye #StartFresh dari Greenfields Indonesia memiliki tujuan tersendiri. Yakni masyarakat dapat mengoptimalkan nutrisi susu, khususnya susu fresh milk pasteurisasi, salah satu sumber protein hewani dengan nutrisi alami terbaik karena hanya melalui proses pemanasan singkat.

"Kami berharap melalui serangkaian edukasi dalam kampanye #StartFresh dapat membantu konsumen lebih teliti dan bijak dalam mengenali komposisi kandungan serta sumber susu yang terbaik ketika memilih untuk keluarganya," pungkas Fiona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH