FITNESS & HEALTH

Pekan Depan, Kemenkes Datangkan 200 Vial Fomepizole dari Jepang

Medcom
Jumat 28 Oktober 2022 / 07:55
Jakarta: Dr. Mohammad Syahril selaku Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menginformasikan bahwa pemerintah akan mendatangkan 200 vial fomepizole dari Jepang pekan depan. Upaya ini sebagai bagian upaya menangani kasus gangguan ginjal akut pada anak.

Dr. Syahril juga mengatakan bahwa tidak hanya dari Jepang, namun fomepizole juga dari Singapura. Setidaknya 70 vial didatangkan langsung dari Negeri Singa.

"Insya Allah dalam waktu dekat kita akan kedatangan sebanyak 200 vial dari Jepang, yang merupakan donasi perusahaan Takeda yang datang Minggu depan akan didistribusikan RS pemerintah, dan tambahan 70 vial dari Singapura," katanya dalam konferensi pers virtual.

Sementara itu, Kemenkes sudah mendatangkan sebanyak 20 vial fomepizole pada 10 dan 18 Oktober. Fomepizole sudah digunakan untuk pasien-pasien yang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Selain itu, 10 vial fomepizole juga sudah datang kemarin dan akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit rujukan pemerintah yang sedang merawat pasien gangguan gagal ginjal akut.

Fomepizole merupakan obat penawar yang berfungsi sebagai penangkal dari keracunan etilen glikol (antibeku). Sejauh ini, obat penawar tersebut telah didatangkan sebanyak 30 vial dari Singapura jika dikumulatifkan.

Kemudian, 16 vial sudah datang juga pada 22 Oktober lalu dan didistribusikan ke beberapa kota di Indonesia seperti Padang, Medan, Aceh, dan Surabaya ke beberapa titik rumah sakit rujukan pemerintah.

“Sementara 16 vial yang didatangkan dari Australia pada tanggal 22 Oktober lagi didistribusikan kepada Rumah Sakit M. Djamil Padang, Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya, Rumah Sakit Adam Malik Medan, dan Rumah Sakit Zainal Abidin Aceh,” pungkasnya.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH