FITNESS & HEALTH

Saat Cuaca Dingin, 4 Minuman Ini Bisa Hangatkan Tubuh Kamu

Medcom
Kamis 08 September 2022 / 13:57
Jakarta: Cuaca beberapa hari ini dirundung 'kebalu'. Mendung, hujan, dan selebihnya terus rintik-rintik. Paling pas jika sedang cuaca dingin begini bikin minuman yang bisa menghangatkan tubuhmu ya.

Misalnya minuman dengan campuran jahe. Jahe mampu membuat tubuhmu hangat. Ini berkat senyawa aktif bernama Gingerol. Gingerol adalah senyawa yang menimbulkan rasa pedas pada jahe. 

Senyawa ini berbentuk minyak berwarna kekuningan dan muncul ketika jahe diperas atau ditumbuk. Nah, selain buat tubuh hangat, jahe mengandung senyawa zingerone yang diyakini untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Serta melawan cuaca dingin yang ekstrem yang mudah melemahkan tubuh.

Beberapa minuman ini bisa jadi inspirasi kamu untuk memberikan rasa hangat di tengah hujan rintik-rintik.
 

1. Teh jahe 


Merupakan salah satu minuman hangat yang cocok diminum saat musim hujan. Biasanya teh jahe dikonsumsi tanpa menambahkan susu ataupun gula. Kamu bisa menemukan teh jahe instan, tetapi kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengiris jahe ke dalam air panas.

Jika rasa jahenya terlalu kuat, kamu bisa menambahkan beberapa sendok madu atau beberapa potong lemon ke dalam teh jahe buatanmu. Seperti diketahui, jahe sangat bagus untuk sistem pencernaan, membakar lemak, dan meredakan otot yang lelah serta meningkatkan sirkulasi darah.



(Aduk sedikit kayu manis atau masukkan batang kayu manis ke dalam secangkir kopi hangat buatanmu. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Kopi kayu manis


Menambahkan kayu manis bisa menjadi salah satu cara untuk membuat kopi yang kamu minum menjadi lebih sehat, daripada menambahkan gula. Tidak hanya mengurangi asupan gula, kamu juga akan mendapatkan manfaat kayu manis.

Kayu manis dikenal kaya akan antioksidan, mengontrol kadar gula darah (menghindari lonjakan yang menyebabkan mengidam) dan memiliki sifat anti-inflamasi. Untuk membuatnya, aduk sedikit kayu manis atau masukkan batang kayu manis ke dalam secangkir kopi hangat buatanmu.
 

3. Cokelat panas


Cokelat panas merupakan salah satu minuman yang sangat familiar di tengah suasana dingin. Kakao kaya akan sumber katekin (antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh) dan flavonoid (antioksidan kuat yang mengurangi peradangan).

Ketika kakao dihangatkan, panas memicu semua kandungan nutrisi di dalamnya dan dilepaskan lebih efektif. Atau buat sendiri dengan melelehkan cokelat (lebih baik memilih dark chocolate) ke dalam susu (lebih baik lagi menggunakan susu skim atau susu rendah lemak). Kamu bisa membelinya di pasar dan mencari bubuk cokelat aseli. Atau membeli dalam sachet yang sudah jadi.
 

4. Susu almond rempah 


Minuman ini merupakan cara terbaik dan bisa dibuat sendiri di rumah. Kamu hanya tinggal memanaskan susu almond, lalu masukkan beberapa jenis rempah-rempah ke dalamnya. Salah satu rempah-rempah yang paling sering digunakan adalah kayu manis dan bubuk pala.

Atau kamu juga bisa menambahkan kunyit, madu, atau bahkan vanila untuk mendapatkan rasa yang lebih creamy. Susu almond juga memiliki kelebihan, yaitu mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan susu sapi biasa. Sehingga kamu tidak perlu khawatir saat meminumnya.


Raka Lestari
(TIN)

MOST SEARCH