FITNESS & HEALTH

Manfaat Jahe, Mulai dari Menurunkan Berat Badan sampai Mencegah Kanker

Raka Lestari
Jumat 29 Januari 2021 / 08:20
Jakarta: Jahe merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Jahe juga merupakan salah satu rempah-rempah yang paling sehat dan memiliki rasa yang cukup enak. Tumbuhan ini masuk dalam keluarga Zingiberaceae, yang memiliki kaitan dengan kunyit, kapulaga, dan lengkuas.

Jahe bisa digunakan segar, dikeringkan, dijadikan bubuk, atau sebagai minyak atau jus. Ini adalah bahan yang sangat umum dalam resep. Terkadang ditambahkan ke makanan olahan dan kosmetik.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah manfaat jahe bagi kesehatan:
 

1. Dapat digunakan sebagai obat


Aroma dan rasa unik dari jahe berasal dari minyak alami yang disebut gingerol. Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe. Ini bertanggung jawab atas banyak khasiat pengobatan jahe.

Gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, menurut penelitian. Misalnya, ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang disebabkan oleh kelebihan jumlah radikal bebas di dalam tubuh.
 

2. Dapat membantu menurunkan berat badan


Jahe dapat berperan dalam penurunan berat badan, menurut penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan. Sebuah studi pada 2016 terhadap 80 wanita dengan obesitas menemukan bahwa jahe juga dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh (BMI) dan kadar insulin darah. Kadar insulin darah tinggi dikaitkan dengan obesitas.
 

3. Dapat mengatasi osteoarthritis


Osteoartritis (OA) adalah masalah kesehatan yang umum. Ini menyebabkan degenerasi sendi di tubuh, yang menyebabkan gejala seperti nyeri sendi dan kekakuan. Studi lain pada 2011 menemukan bahwa kombinasi jahe topikal, damar wangi, kayu manis, dan minyak wijen dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada orang dengan OA pada lutut.
 

4. Mengatasi masalah pencernaan


Gangguan pencernaan kronis ditandai dengan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang berulang di bagian atas perut. Diyakini bahwa pengosongan perut yang tertunda adalah penyebab utama gangguan pencernaan. Jahe tampaknya mempercepat pengosongan perut, yang dapat bermanfaat bagi orang dengan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan perut terkait.
 

5. Mencegah kanker


Sifat anti kanker dikaitkan dengan gingerol, yang ditemukan dalam jumlah besar pada jahe mentah.Ada beberapa bukti, meskipun terbatas, bahwa jahe mungkin efektif melawan kanker gastrointestinal lainnya seperti kanker pankreas dan kanker hati. Jahe juga mungkin efektif melawan kanker payudara dan kanker ovarium. Meskipun secara umum, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian.
(FIR)

MOST SEARCH