FITNESS & HEALTH

Bahaya Pakai Masker Wajah di Bawah Hidung

Kumara Anggita
Rabu 11 November 2020 / 11:16
Jakarta: Salah satu cara melindungi diri dari covid-19 adalah dengan menggunakan masker. Sayangnya, masih banyak orang menggunakan masker ini dengan cara yang tidak tepat seperti menggesernya ke bawah hidung. 

Dikutip dari Huffpost, menggunakan masker wajah di bawah hidung tidak ada gunanya. Dr Bharat Pankhania, dosen klinis senior di Fakultas Kedokteran Universitas Exeter, mengatakan bahwa memakai masker di bawah hidung sama sekali bukan ide yang baik.

“Kebanyakan orang menghirup dan menghembuskan napas melalui hidung, sehingga sebagian besar partikel virus, jika dilepaskan saat tidak berbicara akan keluar melalui jalur hidung, bukan melalui mulut,” katanya kepada HuffPost UK.

Selain itu, orang-orang yang memakai masker seperti ini mungkin juga mengira bahwa mereka sudah terlindungi. Jadi mereka melakukan apa yang oleh Dr Pankhania sebut sebagi 'kompensasi risiko'. 

Ini artinya mereka secara sosial tidak menjauhkan diri dengan baik dan oleh karena itu orang-orang di sekitar mereka rentan terhadap kumannya.


masker
(Pakai masker dengan tepat hingga tertutup sempurna di hidup sampai ke bawah dagu. Foto: Pexels.com)


Ia menyamakan kompensasi risiko ini dengan hari-hari ketika orang tidak mengenakan sabuk pengaman dan orang tua yang membawa anak-anak akan mengemudi dengan lebih hati-hati untuk melindungi anak-anak mereka.

Jadi ya, inti dari masker wajah adalah untuk menjaga agar tetesan yang kamu keluarkan (dari mulut dan hidung kamu) tetap tersembunyi.
 

Lalu bagaimana memakai masker yang tepat?


Untuk memakai masker dengan benar, masker harus menutupi hidung dan mulut kamu. Hindari celah di sekitar sisi masker atau penutup wajah Kamu. 

Jika memungkinkan, masker harus pas di dagu (hampir membentuk segel pada kulit) dan diletakkan tepat di bawah mata kamu untuk menutup batang hidung dengan benar. Pastikan pula kamu masih nyaman bernapas.

Dan tak hanya itu, jangan lupa pula untuk terus melakukan 3 M lainnya yaitu mencuci tangan dan juga menjaga jarak. 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)

MOST SEARCH