FITNESS & HEALTH

Cara Praktis Mengatasi Sembelit, Salah Satunya Minum Kopi

Yuni Yuli Yanti
Jumat 13 Mei 2022 / 09:00
Jakarta: Pernahkah kamu merasa frustasi setiap kali mengalami sembelit? Kamu sudah melakukan berbagai cara namun tetap saja masalah pencernaan tersebut tidak juga sembuh. Alhasil, kamu pun mengambil cara instant dengan mengonsumsi obat pencahar untuk mengatasi sembelit. Padahal, terus menerus mengonsumsi obat tersebut juga tidak untuk kesehatan tubuhmu kan!

Melansir dari HealthShots, Dr Mrudul Dharod, Ahli Gastroenterologi, Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai menyebutkan ada lima bahan alami atau pengobatan rumahan untuk mengatasi sembelit, di antaranya:

 

1. Minum air putih

Untuk melancarkan pencernaan, kamu perlu minum cukup air putih setiap hari agar tetap terhidrasi. Faktanya, jika mengalami sembelit, itu berarti kamu tidak minum cukup air. 

Dr Dharod menyarankanagar kamu minum sekitar 8-10 gelas air setiap hari dapat membantu pergerakan usus. "Air atau cairan lain dapat membantu memecah makanan yang Anda konsumsi dan membantu tubuh menyerap semua nutrisi. Proses ini melunakkan feses Anda sehingga mencegah sembelit," katanya. 

 

2. Rutin konsumsi serat

Makanan padat serat dan antioksidan dapat membantu meningkatkan pencernaan, dan mengatasi masalah perut seperti kembung, keasaman, dan sembelit. 

“Tetap makan makanan yang sarat dengan serat untuk menjaga usus Anda tetap sehat. Cobalah untuk memasukkan buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan gandum dalam makanan. Ini dapat membantu Anda meringankan buang air besar," saran dr. Dharod. 


(Pastikan kamu mengonsumi makanan berserat setiap hari untuk mencegah sembelit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Berolahraga setiap hari

Sembelit bisa sangat tidak nyaman. Bahkan, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kram. Jadi, bila kamu mencari cara untuk meredakan atau menyembuhkan sembelit secara alami, penting untuk berolahraga secara teratur. 

“Anda akan terkejut mengetahui bahwa berjalan atau jogging sederhana dapat membantu buang air besar dengan meningkatkan aliran darah ke seluruh perut,” ungkap Dr Dharod.

 

4. Minum kopi

Ya, minum secangkir kopi berkafein dapat bertindak sebagai obat rumahan yang cepat untuk meredakan sembelit.

"Ini dapat membantu merangsang usus besar bahkan mempercepat perjalanan Anda ke kamar mandi. Perlu diingat bahwa kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi, jadi pastikan Anda minum cukup air putih setiap hari," tutup dr. Dharod. 
(yyy)

MOST SEARCH