FITNESS & HEALTH

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Istimewa dari Biji Mangga

Yuni Yuli Yanti
Selasa 12 Juli 2022 / 09:00
Jakarta: Banyak orang menyukai buah mangga. Rasanya yang manis, lembut, enak dan harum membuat mangga menjadi salah satu buah yang wajib dimakan. Apalagi, buah musiman ini juga memiliki berbagai jenis sehingga bisa diolah menjadi makanan atau minuman apa pun. 

Umumnya orang hanya mengonsumsi daging buah mangga dan membuang kulit serta bijinya. Namun, tahukah kamu dalam pengobatan Ayurveda, biji mangga sangat berharga karena mengandung banyak khasiat sebagai penyembuhan dari beberapa penyakit.

Mengutip dari Health Shots, seorang ahli diet, Kajal Wattamwar dan Bushra Qureshi menyebutkan beberapa kualitas nutrisi yang menarik dari biji mangga, di antaranya: 
 

1. Protein lengkap

"Biji mangga memiliki kandungan protein yang rendah tetapi pada saat yang sama juga mengandung sebagian besar asam amino esensial, dengan nilai tertinggi leusin, valin dan lisin yang menjadikannya protein lengkap. Sementara, sebagian besar sumber vegetarian adalah protein yang tidak lengkap, biji mangga adalah bintang kami," kata Qureshi.
 

2. Kaya akan antioksidan

Biji mangga terbukti menjadi sumber polifenol dan pitosterol yang baik sebagai campesterol, sitosterol dan tokoferol. Selain itu, kernel biji mangga dapat digunakan sebagai bahan potensial untuk pangan fungsional, senyawa antimikroba dan kosmetik karena kandungan lemak dan proteinnya yang tinggi serta antioksidan alami yang tinggi.
 

3. Sumber lemak sehat yang baik

Wattamwar mengatakan biji mangga memiliki profil lipid yang kaya akan asam lemak tak jenuh, bebas dari asam lemak trans. Lemak ini memiliki karakteristik fisik dan kimia yang dapat diterima. Banyak penelitian eksperimental telah menggunakan minyak ekstrak biji mangga ke dalam berbagai produknya. 


(Umumnya orang hanya mengonsumsi daging buah mangga dan membuang kulit serta bijinya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


4. Antibiotik alami

Ini adalah potensi antibiotik dan antijamur alami yang melimpah dan hemat biaya yang dapat digunakan dalam mengatasi tantangan keracunan makanan dan infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen dalam industri makanan.
 

5. Melancarkan pencernaan

“Karena sifat antibakteri dan kandungan seratnya, biji mangga terbukti membantu melancarkan pencernaan. Dengan ini, biji mangga juga sarat dengan serat, yang dapat membantu menurunkan berat badan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Ayurveda telah menggunakan minyak dan bubuk biji mangga untuk berbagai keperluan. Seperti minyak rambut sebagai pelembab," tutur Qureshi.
 

Berikut cara mengolah biji mangga:

Sambil berbagi resep singkat, Wattamwar mengatakan cara favoritnya mengonsumsi biji mangga adalah dengan membuat penyegar mulut. "Cukup keringkan bijinya, masak dengan tekanan dan buang bijinya. Terakhir potong kecil-kecil, tumis dengan sedikit minyak samin dan garam," pungkasnya.
(yyy)

MOST SEARCH