FITNESS & HEALTH

Manfaat Kesehatan dari Buah Naga

Raka Lestari
Kamis 19 November 2020 / 14:06
Jakarta: Buah naga merupakan tumbuhan sejenis kaktus yang disebut hylocereus. Biasanya tumbuhuan ini ditemukan di daerah tropis.

Buah naga memiiliki beberapa jenis warna daging buah. Ada yang berwarna putih, merah, dan kuning dengan biji-biji kecil yang tersebar di daging buah. Buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari WebMD, berikut ini adalah manfaat buah naga bagi kesehatan:

- Kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin. Zat alami ini melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yaitu molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini.

- Buah naga secara alami bebas lemak dan kaya akan kandungan serat. Sehingga buah naga bisa menjadi camilan yang sehat karena dapat membuat kamu tetap merasa kenyang di sela-sela waktu makan.

- Selain itu, buah naga juga dapat membantu menurunkan gula darah. Para penelti mengatakan ini disebabkan karena kemampuannya dalam menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas yang membuat insulin, hormon yang membantu tubuh Anda memecah gula. Akan tetapi, ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

- Mengandung prebiotik, yang berfungsi untuk makan bakteri sehat yang disebut probiotik di usus. Memiliki lebih banyak prebiotik dalam sistem pencernaan dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus.

Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria. Di usus, bakteri ini dan bakteri bermanfaat lainnya dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Keduanya juga membantu mencerna makanan.

- Dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, yang baik bagi sistem imun tubuh. Selain itu, buah naga juga dapat meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh.

Zat besi penting untuk memindahkan oksigen ke seluruh tubuh dan memberi energi. Sedangkan vitamin C dalam buah naga membantu tubuh menyerap dan menggunakan zat besi.
(YDH)

MOST SEARCH