FITNESS & HEALTH
Danone Gandeng Citilink Mengeksplor Kekayaan Gizi dari Potensi Pangan Lokal Indonesia
A. Firdaus
Jumat 18 Agustus 2023 / 11:00
Solo: Danone Indonesia bersama Citilink mengajak sejumlah media dan pegiat media sosial untuk mengeksplorasi kekayaan pangan lokal. Program ini biasa disebut Jelajah Gizi.
Program Jelajah Gizi 2023 merupakan rutinitas Danone yang fokus terkait kekayaan gizi dari pangan lokal di beberapa daerah tujuannya. Terlebih Indonesia merupakan negara yang kaya akan pangan lokal, di mana data Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menunjukkan Tanah Air memiliki 77 jenis sumber karbohidrat, 389 jenis buah-buahan, dan 75 jenis sumber protein.
Selain itu, masih ada 228 jenis sayuran, 26 jenis kacang-kacangan, 110 jenis rempah dan bumbu. Selain dengan ragam keanekaragaman hayati yang ada, kekayaan pangan di Indonesia juga didukung dengan keragaman daerah dan budaya yang membuat jenis pangan lokal menjadi sangat unik serta beragam. Sebab kekhasan pangan yang sesuai dengan karakteristik daerah itu sendiri termasuk di Kota Solo.
Potensi ini mendukung harapan akan lahirnya sumber daya manusia yang unggul lantaran kebutuhan makro dan mikro nutrien harian terpenuhi dengan baik. Namun nyatanya, saat ini Indonesia masih mempunyai tantangan dalam tiga beban masalah gizi (triple burden) yaitu stunting, wasting dan obesitas. Lebih jauhnya, permasalahan zat gizi mikro yang terjadi dibuktikan dengan fakta 8 dari 10 anak Indonesia mengalami kekurangan DHA2 dan 1 dari 3 anak kekurangan zat besi.
Sebagai upaya menyebarkan informasi seputar kekayaan gizi dari potensi pangan lokal Indonesia seperti di kota Solo, sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink dalam menggelar program Jelajah Gizi 2023 dengan tema: Eksplorasi Potensi Pangan Lokal untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Keluarga pada 14-16 Agustus 2023 di daerah Solo dan sekitarnya.
Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia menjelaskan, sebagai perusahaan dengan misi membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat, Danone Indonesia berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan hidrasi keluarga melalui produk dan inisiatifnya yang berkelanjutan serta berdampak positif bagi masyarakat.
"Untuk memastikan kesehatan masyarakat Indonesia dapat terjaga, Danone Indonesia juga menyadari hal ini perlu didukung dengan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemenuhan gizi seimbang. Untuk itu, tahun ini Danone Indonesia kembali menggelar program Jelajah Gizi 2023 dan memilih Solo sebagai destinasi karena keragaman kuliner dan pangan yang menarik untuk diketahui oleh masyarakat serta cerita historis maupun kebudayaan yang kental membuat kota ini menarik untuk dieksplor," terang Arif.
Jelajah Gizi merupakan program yang sudah berjalan sejak 2013 dengan mengajak pakar seperti ahli gizi, media dan pegiat media sosial untuk mengeksplorasi kekayaan cita rasa, budaya dan nutrisi juga gizi yang terkandung dalam berbagai hidangan di berbagai daerah di Indonesia.
Sejak 2013, Jelajah Gizi sudah mengunjungi dan mengeksplorasi kuliner di berbagai daerah seperti Gunung Kidul, Kepulauan Seribu, Bali, Minahasa, Malang, Semarang dan Bogor. Tahun ini, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink sebagai maskapai penerbangan kelas dunia yang melayani penerbangan ke berbagai destinasi di Indonesia.
Citilink merupakan maskapai berbiaya hemat yang mendapatkan sertifikasi bintang 4 (empat) dari Skytrax dan juga mendapatkan predikat sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik di Indonesia.
Sementara menurut Arief Adhi Sanjaya, selaku Direktur Human Capital Citilink menyampaikan, pihaknya selalu berkomitmen untuk menghubungkan berbagai destinasi di nusantara serta memperkenalkan kekayaan pariwisata, budaya, dan kuliner Indonesia sebagai salah satu misi utama.
"Sehubungan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, selain melalui promo HUT RI, dengan semangat untuk merayakan hari kemerdekaan bersama masyarakat, Citilink menyambut positif dan mendukung program Jelajah Gizi 2023 bersama Danone Indonesia di Solo yang juga merupakan salah satu rute Citilink," ungkap Arief.
"Kolaborasi ini juga sejalan dengan misi Citilink dalam melestarikan potensi kekayaan kuliner Indonesia melalui fitur LinkTreats sehingga dapat menumbuhkan rasa bangga dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap pangan lokal," tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(FIR)
Program Jelajah Gizi 2023 merupakan rutinitas Danone yang fokus terkait kekayaan gizi dari pangan lokal di beberapa daerah tujuannya. Terlebih Indonesia merupakan negara yang kaya akan pangan lokal, di mana data Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menunjukkan Tanah Air memiliki 77 jenis sumber karbohidrat, 389 jenis buah-buahan, dan 75 jenis sumber protein.
Selain itu, masih ada 228 jenis sayuran, 26 jenis kacang-kacangan, 110 jenis rempah dan bumbu. Selain dengan ragam keanekaragaman hayati yang ada, kekayaan pangan di Indonesia juga didukung dengan keragaman daerah dan budaya yang membuat jenis pangan lokal menjadi sangat unik serta beragam. Sebab kekhasan pangan yang sesuai dengan karakteristik daerah itu sendiri termasuk di Kota Solo.
Potensi ini mendukung harapan akan lahirnya sumber daya manusia yang unggul lantaran kebutuhan makro dan mikro nutrien harian terpenuhi dengan baik. Namun nyatanya, saat ini Indonesia masih mempunyai tantangan dalam tiga beban masalah gizi (triple burden) yaitu stunting, wasting dan obesitas. Lebih jauhnya, permasalahan zat gizi mikro yang terjadi dibuktikan dengan fakta 8 dari 10 anak Indonesia mengalami kekurangan DHA2 dan 1 dari 3 anak kekurangan zat besi.
Sebagai upaya menyebarkan informasi seputar kekayaan gizi dari potensi pangan lokal Indonesia seperti di kota Solo, sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink dalam menggelar program Jelajah Gizi 2023 dengan tema: Eksplorasi Potensi Pangan Lokal untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Keluarga pada 14-16 Agustus 2023 di daerah Solo dan sekitarnya.
Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia menjelaskan, sebagai perusahaan dengan misi membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat, Danone Indonesia berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan hidrasi keluarga melalui produk dan inisiatifnya yang berkelanjutan serta berdampak positif bagi masyarakat.
"Untuk memastikan kesehatan masyarakat Indonesia dapat terjaga, Danone Indonesia juga menyadari hal ini perlu didukung dengan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemenuhan gizi seimbang. Untuk itu, tahun ini Danone Indonesia kembali menggelar program Jelajah Gizi 2023 dan memilih Solo sebagai destinasi karena keragaman kuliner dan pangan yang menarik untuk diketahui oleh masyarakat serta cerita historis maupun kebudayaan yang kental membuat kota ini menarik untuk dieksplor," terang Arif.
Jelajah Gizi merupakan program yang sudah berjalan sejak 2013 dengan mengajak pakar seperti ahli gizi, media dan pegiat media sosial untuk mengeksplorasi kekayaan cita rasa, budaya dan nutrisi juga gizi yang terkandung dalam berbagai hidangan di berbagai daerah di Indonesia.
Sejak 2013, Jelajah Gizi sudah mengunjungi dan mengeksplorasi kuliner di berbagai daerah seperti Gunung Kidul, Kepulauan Seribu, Bali, Minahasa, Malang, Semarang dan Bogor. Tahun ini, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink sebagai maskapai penerbangan kelas dunia yang melayani penerbangan ke berbagai destinasi di Indonesia.
Citilink merupakan maskapai berbiaya hemat yang mendapatkan sertifikasi bintang 4 (empat) dari Skytrax dan juga mendapatkan predikat sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik di Indonesia.
Sementara menurut Arief Adhi Sanjaya, selaku Direktur Human Capital Citilink menyampaikan, pihaknya selalu berkomitmen untuk menghubungkan berbagai destinasi di nusantara serta memperkenalkan kekayaan pariwisata, budaya, dan kuliner Indonesia sebagai salah satu misi utama.
"Sehubungan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, selain melalui promo HUT RI, dengan semangat untuk merayakan hari kemerdekaan bersama masyarakat, Citilink menyambut positif dan mendukung program Jelajah Gizi 2023 bersama Danone Indonesia di Solo yang juga merupakan salah satu rute Citilink," ungkap Arief.
"Kolaborasi ini juga sejalan dengan misi Citilink dalam melestarikan potensi kekayaan kuliner Indonesia melalui fitur LinkTreats sehingga dapat menumbuhkan rasa bangga dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap pangan lokal," tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(FIR)