FITNESS & HEALTH

Bikin Kenyang, Ini 5 Sayuran yang Tinggi Protein

Raka Lestari
Senin 10 Januari 2022 / 08:00
Jakarta: Sayuran dikenal sebagai tumbuhan dengan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan, ada beberapa jenis sayuran yang memang lebih baik dibandingkan jenis lainnya. 

Menurut Rosanne Rust, ahli diet terdaftar, berbagai jenis sayuran dapat mengandung dua gram protein setiap cangkirnya. Meskipun lebih sedikit dibandingkan protein pada hewan, mengonsumsi sayuran juga tetap bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan protein per hari terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Dikutip dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa sayuran yang bisa membuatmu lebih cepat kenyang: 

 

1. Kacang polong

Meskipun ukurannya sangat kecil, kacang polong mengandung nutrisi cukup banyak dari yang kamu kira. "Kacang polong kaya akan vitamin A, sumber potasium dan serat yang baik, dan mengandung empat gram protein per setengah cangkir. Untuk menikmatinya, kamu bisa mengukusnya dan tambahkan ke dalam pasta, nasi, atau salad," kata Rust.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Bayam 

Bayam dipenuhi dengan vitamin C, asam folat, dan vitamin B lainnya. Bayam juga mengandung protein dalam jumlah yang besar ketika sudah dimasak. Tapi tetap perlu diperhatikan agar ketika memasak bayam tidak boleh terlalu lama karena bisa menyebabkan kandungan vitamin di dalamnya berkurang. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Brussels sprouts 

Rust mengatakan bahwa sayuran kecil dengan bentuk seperti sawi ini adalah sumber potasium, vitamin A, vitamin K, dan serat. Untuk mendapatkan manfaat dari brussels sprouts secara maksimal kamu bisa memanggangangnya dan menambahkannya dengan minyak zaitun yang juga kaya manfaat untuk kesehatan. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Jamur kancing

Jamur kancing (portobello) memiliki kandungan protein yang hampir sama dengan telur. Rust juga mengatakan bahwa jamur ini mengandung serat dan dipenuhi dengan antioksidan. "Kamu bisa memanggangnya, mencincang atau menumisnya menggunakan minyak zaitun atau cuka balsamic untuk rasa yang lebih lezat," sarannya. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Kacang lima 

Kombinasi antara kandungan serat dan protein yang tinggi membuat kacang-kacangan jenis ini dapat membuat kenyang sekaligus bernutrisi. Agar nutrisi di dalamnya tidak berkurang, Rust menyarankan agar kamu membuatnya menjadi saus dengan cara mengukusnya di air mendidih selama 10 menit, lalu tiriskan dan hancurkan dengan food processor.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)

MOST SEARCH