End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Waspada! Kebiasaan Makan Ini dapat Meningkatkan Risiko Perlemakan Hati

Yuni Yuli Yanti
Jumat 09 Desember 2022 / 07:00
Jakarta: Tahukah kamu bahwa hati bertanggung jawab untuk membuang racun dari tubuh? Itu juga merupakan organ yang membantu memecah lemak menjadi asam lemak, yang membantu meningkatkan pencernaan.

Selama ini, kamu tentu sudah mengetahui bahwa ada kaitan kuat antara kesehatan hati dengan sistem pencernaan. Karena hati membantu memperbaiki pencernaan, maka mengonsumsi makanan yang salah dapat memengaruhi kondisi hati. Dan, yang paling umum adalah menyebabkan penyakit hati berlemak.
 

Apa hubungan antara kebiasaan makan dan perlemakan hati?

Dr Mrunmaya Panda, Ahli Gastroenterologi, Rumah Sakit Aditya Birla Memorial, Pune mengatakan penyakit hati berlemak non-alkohol, atau NAFLD adalah salah satu penyebab paling umum penyakit hati di seluruh dunia. "Penyakit hati terjadi ketika ada penumpukan lemak di hati. Jika dibiarkan tidak terdiagnosis atau tidak diobati, itu dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius," tuturnya.

Lebih lanjut, Dr Panda menjelaskan bahwa obesitas dan diabetes adalah beberapa faktor umum yang menyebabkan masalah tersebut. Namun, kebiasaan makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak juga meningkatkan risiko penyakit perlemakan hati.

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat Iran, diet memainkan peran penting dalam kesehatan hati. Studi tersebut menemukan hubungan antara kebiasaan makan yang tidak sehat dan risiko NAFLD yang lebih tinggi.


(Contoh kondisi hati yang sehat (atas) dan hati yang mengalami penumpukan lemak (bawah). Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Melansir dari Health Shots, Dr Panda menyebutkan beberapa kebiasaan makan yang dapat memicu penyakit perlemakan hati, di antaranya:
 

Makanan berlemak dan karbohidrat yang tidak sehat

Menurut Dr Panda, sebagian besar makanan yang disukai orang saat ini mengandung lemak jenuh dan karbohidrat yang tinggi, yang tidak baik untuk kesehatan. "Ini sebagai salah satu alasan utama mengapa populasi yang lebih muda antara usia 12 dan 18 tahun lebih banyak menderita perlemakan hati daripada orang tua. Kopi dingin saat ini memiliki konsentrasi gula yang tinggi, menyebabkan penumpukan lemak dengan cepat," jelasnya.
 

Kurang konsumsi protein

Meskipun menghindari makanan yang berbahaya bagi kesehatan hati diperlukan, penting juga untuk menambahkan makanan yang dapat meningkatkan kesehatan hati. Dr Panda menegaskan bahwa orang yang mengonsumsi makanan rendah protein berisiko lebih rendah terkena penyakit hati berlemak dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi karbohidrat dan lemak.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Liver International menemukan bahwa mengonsumsi makanan berprotein tinggi dan rendah kalori dapat berbahaya bagi hati. Yang terbaik adalah meningkatkan asupan protein dalam diet untuk menghindari komplikasi seperti penyakit hati berlemak.
 

Makanan siap saji dan kemasan

"Gaya hidup kita yang tidak banyak bergerak juga kebiasaan mengonsumsi makanan siap saji, kemasan, dan gorengan dapat menyebabkan perlemakan hati. Faktanya, Anda harus menghindari makanan berlemak karena tinggi lemak, garam, dan kalori, yang semuanya buruk bagi kesehatan hati Anda," saran Dr Panda. 
 

Minum alkohol setiap hari

Tak perlu dikatakan lagi bahwa alkohol berlebihan tentu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit hati berlemak. Dr Panda menyarankan agar membatasi asupan alkohol untuk menghindari penyakit hati berlemak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati yang disebut penyakit hati berlemak alkoholik. "Selain itu, penyalahgunaan alkohol, penurunan berat badan yang cepat, dan malnutrisi juga menyebabkan perlemakan hati," tutup Dr Panda.
(yyy)

MOST SEARCH