End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Minyak Atsiri Bisa untuk Ringankan Migrain Sampai Sakit Kepala

Mia Vale
Rabu 30 November 2022 / 08:05
Jakarta: Minyak atsiri adalah cairan yang sangat pekat yang terbuat dari daun, batang, bunga, kulit kayu, akar, atau elemen tanaman lainnya. Aromaterapi sering melibatkan minyak esensial yang dapat menawarkan manfaat kesehatan seperti mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi melalui rangsangan sensorik (aroma).

Minyak atsiri bahkan dapat membantu mengobati kondisi tertentu seperti sakit kepala atau migrain. Minyak yang berbeda menawarkan manfaat yang berbeda.

Mereka juga memberikan manfaat tanpa daftar panjang efek samping yang dapat menyertai sakit kepala resep dan obat migrain. Beberapa minyak esensial dapat mengurangi stres, meredakan sakit kepala karena tegang, atau meredakan nyeri.
 

Dinginnya redakan migrain


Minyak peppermint adalah salah satu minyak esensial yang paling umum digunakan untuk mengobati sakit kepala dan serangan migrain. Ini mengandung mentol, yang dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan nyeri. 

Diperkirakan menurut Healthline, dengan mengoleskan minyak peppermint encer secara topikal dapat membantu meredakan nyeri akibat sakit kepala karena tegang dan serangan migrain. Cara menggunakannya, encerkan peppermint dengan minyak pembawa lain, seperti minyak kelapa, dan oleskan ke pelipis.


(Saat aromaterapi dihirup, molekul aroma dari minyak atsiri akan keluar dan merangsang saraf-saraf penghidu di hidung. Selanjutnya, saraf tersebut akan mengirim pesan ke bagian otak yang dapat mengatur emosi dan pikiran, yaitu amigdala. Proses inilah yang diduga berpengaruh pada cara kerja aromaterapi dalam merelaksasi tubuh dan pikiran. Foto: Ilustrasi/Dok. Freepik.com)
 

Pereda nyeri


Minyak rosemary memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik (pereda nyeri) yang kuat. Ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun untuk mengurangi stres, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan sirkulasi, yang semuanya dapat membantu mengatasi sakit kepala. 

Sebuah studi 2013 bahkan menemukan bahwa minyak rosemary yang digunakan bersama dengan obat lain membantu mengatasi gejala penarikan. Ini juga membantu mengurangi insomnia dan mengendurkan otot, yang dapat membantu mengatasi sakit kepala. 

Caranya, pijat area yang sakit dengan beberapa tetes minyak rosemary yang dicampur dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa. Menghirup aroma minyak rosemary dari kulit atau saat mandi air panas disinyalir bisa meredakan nyeri.
 

Terbaik untuk relaksasi otot


Minyak esensial lavender biasanya digunakan untuk menghilangkan stres dan relaksasi. Ada juga bukti kuat bahwa lavender dapat membantu mengobati sakit kepala dan migrain. Menghirup aroma minyak esensial lavender selama 15 menit, dapat membantu penanganan serangan migrain akut.

Untuk menggunakannya, oleskan minyak lavender encer ke kulit, menggunakan diffuser minyak, atau menambahkan minyak encer ke dalam bak mandi air hangat untuk mendapatkan manfaatnya.
 

Atasi sakit kepala karena tegang


Minyak esensial dari kamomil melemaskan tubuh dan menenangkan otot. Dan karena alasan ini, bisa juga membantu dalam mengobati sakit kepala karena tegang. Pun untuk membantu mengobati kecemasan dan insomnia, yang merupakan penyebab umum sakit kepala.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial kamomil yang dilarutkan dalam minyak pembawa ke dalam bak mandi atau air panas, dan menghirup uapnya. Ingat, wanita hamil tidak boleh menggunakan minyak esensial kamomil karena berisiko keguguran.
 

Terbaik untuk sakit kepala sinus


Jika sakit kepala disebabkan oleh masalah sinus, minyak esensial kayu putih bisa menjadi sahabat baru. Minyak ini akan membuka saluran hidung, membersihkan sinus, dan membantu meredakan ketegangan sinus yang menyebabkan sakit kepala. 

Satu studi yang lebih tua juga menemukan bahwa kombinasi minyak peppermint, minyak kayu putih, dan etanol memberikan efek relaksasi pada otot dan pikiran, yang dapat membantu meredakan sakit kepala.

Cukup, oleskan setetes minyak kayu putih ke minyak pembawa ke dada untuk membantu membersihkan sinus, atau menambahkan beberapa tetes ke air panas dan hirup uapnya.

Minyak atsiri dapat memiliki banyak manfaat obat jika digunakan dengan benar, dan dapat membantu meredakan sakit kepala serta serangan migrain.

Untuk minyak esensial, ingatlah bahwa satu hingga tiga tetes sudah cukup. Jika sakit kepala atau serangan migrain terus berlanjut dan mengganggu hidup, segera ke dokter. 
(TIN)

MOST SEARCH