FITNESS & HEALTH

Tanda-tanda Kamu Alami Kelelahan Emosional

Raka Lestari
Jumat 23 April 2021 / 20:00
Jakarta: Kelelahan emosional adalah keadaan merasa lelah secara emosional akibat dari akumulasi stres dari kehidupan pribadi atau pekerjaan, atau kombinasi keduanya. 

Orang yang mengalami kelelahan emosional sering kali merasa tidak memiliki kekuatan atau kendali atas apa yang terjadi dalam hidup. Mereka mungkin merasa "terjebak" atau “terperangkap” dalam suatu situasi.

Gejala dari kelelahan emosional bisa terlihat baik dari segi fisik maupun mental. Dan dilansir dari Healthline, berikut ini adalah gejala umum dari kelelahan emosional:

- Kurang motivasi
- Mengalami gangguan tidur
- Lebih mudah marah
- Kelelahan fisik
- Merasa tidak memiliki harapan
- Linglung
- Apatis
- Sakit kepala
- Perubahan pola makan
- Merasa gugup
- Kesulitan berkonsentrasi
- Meningkatkan perasaan sinis dan pesimis
- Rasa takut
- Depresi

Dan bagi mereka yang bekerja, ketika merasa kelelahan secara emosional mungkin juga merasakan adanya perubahan dalam kinerja pekerjaan mereka atau pekerjaan mereka dalam tim. 

Sebagai contoh, mereka mungkin saja mengalami kesulitan mengerjakan pekerjaan sesuai batas waktu, komitmen yang rendah terhadap kantor atau organisasi, atau lebih sering tidak masuk.

Mengalami stres dan kecemasan setiap hari adalah hal yang normal, tetapi seiring waktu, stres kronis dapat berdampak buruk pada tubuh

Kelelahan emosional disebabkan oleh tekanan hidup yang berkepanjangan, baik dari stres pribadi di rumah atau stres yang berhubungan dengan pekerjaan.

Kamu dapat membuat perubahan gaya hidup tertentu untuk membantu meringankan gejala kelelahan emosional.

Meskipun mungkin tidak mudah dilakukan, tetapi akan menjadi lebih mudah saat kamu mulai membentuk kebiasaan yang lebih sehat. Membuat perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari dapat membantu mengelola gejala dan mencegah kelelahan emosional.
(TIN)

MOST SEARCH