FITNESS & HEALTH

Studi: Terinfeksi Covid-19 Setelah Vaksinasi Bisa Bermasalah pada Usus

Mia Vale
Rabu 28 September 2022 / 21:19
Jakarta: Bagi mereka yang terinfeksi covid-19 setelah divaksinasi, sebuah studi baru menemukan gejala umum terkait dengan kesehatan usus. Dengan adanya temuan tersebut, banyak pertanyaan tentang tindakan virus pada individu yang divaksinasi dan tidak divaksinasi dan juga memaksa kita untuk menyegarkan pikiran kita. pengetahuan tentang gejala umum infeksi.

Sesuai data yang dikumpulkan oleh Aplikasi Studi Kesehatan ZOE, seperti yang dijelaskan laman Times of India, orang yang terinfeksi setelah vaksinasi covid-19 menunjukkan diare lebih sering daripada yang lain. 

Data menunjukkan bahwa selama awal tahun ini menjadi salah satu gejala yang paling banyak dilaporkan dalam infeksi terobosan terkait dengan varian Omicron dari coronavirus.
 

Diare selama dua sampai tiga hari


Studi menyebutkan bahwa diare bisa menjadi gejala awal infeksi dan biasanya bisa berlangsung selama dua sampai tiga hari. Pada beberapa orang dewasa juga bisa berlama-lama hingga hari ketujuh. Informasi yang baik adalah bahwa penelitian ini menemukan bahwa prevalensi gejala ini telah berkurang dengan setiap varian. Hanya satu dari lima yang mengalami gejala ini selama gelombang Omicron.


(Sebagian orang yang terinfeksi covid-19 mengalami gejala seperti hilangnya nafsu makan. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

Kehilangan nafsu makan


Kehilangan nafsu makan adalah tanda awal covid-19 tetapi biasanya muncul kembali setelah beberapa hari, kata para peneliti. Pada awal pandemi, kehilangan nafsu makan dilaporkan oleh berkisar 3 dari 10 orang dewasa dengan covid-19, meningkat menjadi berkisar 4 dari 10 orang di atas 65 tahun. 

Sekarang sedikit turun dengan varian dan vaksinasi berikutnya, dengan 25-27 persen orang melaporkan melewatkan makan dengan delta atau Omicron setelah tiga dosis vaksin.
 

Gejala umum setelah divaksinasi covid-19?


Sesuai laporan terbaru yang dirilis oleh aplikasi studi kesehatan ZOE, pilek, sakit kepala, bersin, sakit tenggorokan, dan batuk terus-menerus saat ini merupakan gejala umum yang terlihat pada individu yang telah menggunakan dua dosis vaksin. 

Untuk itu, jika orang yang divaksinasi mengalami bersin yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya. lebih baik untuk diuji untuk covid-19.
 

Pengaruhnya dalam jangka panjang


Dalam jangka panjang, covid-19 memengaruhi sistem usus dalam beberapa cara yang melemahkan. Kehilangan nafsu makan, mual, refluks asam, diare, perut kembung, bersendawa, muntah, sakit perut, dan tinja berdarah.

Dalam sebuah penelitian terhadap 117 peserta, kehilangan nafsu makan dilaporkan menjadi salah satu tanda paling umum dari covid-19 yang berkepanjangan diikuti oleh refluks asam dan diare. Gejala-gejala ini dilaporkan tiga bulan setelah infeksi covid-19.

(TIN)

MOST SEARCH