FITNESS & HEALTH

5 Lemak Sehat yang Harus Kamu Tambahkan ke Dalam Menu Diet Sehari-hari

Yuni Yuli Yanti
Senin 04 April 2022 / 07:00
Jakarta: Ada beberapa temuan tentang makanan berlemak yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain menambah rasa, memperlambat pencernaan karbohidrat dan menciptakan rasa kenyang, ternyata lemak sehat pun baik untuk kulit dan rambut, serta otak dan sistem kekebalan tubuh. 

Nah, berikut ini lima jenis lemak sehat yang perlu kamu tambahkan ke dalam menu dietmu sehari-hari yang dikutip dari HealthShots!

 

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam (dark chocolate) tinggi antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Makanan favoritnya kebanyakan orang ini juga dikenal untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan dapat meningkatkan fungsi otak.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Ikan

Ikan berlemak tinggi kaya akan lemak omega-3, itulah sebabnya ia bekerja dengan baik untuk kesehatan otak dan jantung. Ikan juga mengandung vitamin D, vitamin B2, kalsium dan fosfor. Juga dikemas dengan mineral seperti besi, seng, yodium dan magnesium. Disarankan untuk mengonsumsi dua porsi ikan setiap minggu. Mulai dari Trout, salmon, mackerel, sarden, herring, dan tuna segar adalah jenis ikan berlemak.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Alpukat

Alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal dengan sumber asam oleat yang sangat baik. Buah berwarna hijau ini bermanfaat untuk membantu memenuhi rasa lapar. Selain asam oleat, alpukat juga mengandung serat dan protein. Mereka bisa dibumbui dengan sedikit merica dan garam, atau bisa dipotong kecil-kecil. Alpukat juga sangat nikmat bila dikonsumsi dengan dengan telur.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Kelapa dan minyak kelapa

Minyak kelapa dan kelapa keduanya tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh menyumbang sekitar 90 persen dari asam lemak yang ditemukan di kelapa. Mereka yang mengonsumsi banyak kelapa biasanya tidak memiliki banyak masalah jantung.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Biji chia

Biji chia mengandung nutrisi yang tinggi. Mereka dapat meringankan gejala rheumatoid arthritis dan menurunkan trigliserida dalam darah. Tepung biji chia dapat menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Benih sehat ini juga mengandung kalsium, zat besi, protein, serat, dan antioksidan. Kamu bisa menambahkan biji chia ke dalam smoothie atau salad untuk menambahkan nutrisi dan membuatnya lebih bergizi. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)

MOST SEARCH