FITNESS & HEALTH

Inggris, Negara Pertama yang Setujui Valneva Jadi Vaksin Covid-19

Mia Vale
Minggu 17 April 2022 / 13:00
Jakarta: Akhirnya, Valneva menjadi vaksin covid-19 keenam yang digunakan di Inggris. Dan ini menjadi yang pertama di dunia. Vaksin Valneva merupakan vaksin covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Prancis.

Valneva telah diberikan persetujuan regulasi oleh Badan Pengatur Obat-obatan dan Produk Kesehatan (MHRA).

Berbeda dengan suntikan covid-19 lainnya yang disetujui, vaksin Valneva adalah vaksin virus utuh yang tidak aktif. Artinya virus hidup ditumbuhkan di laboratorium yang tidak dapat menginfeksi sel, kemudian diberikan kepada orang-orang untuk memicu respons kekebalan. 

Melansir dari the Guardian, vaksin Valneva dibuat dengan teknologi yang sudah berusia puluhan tahun yang selama ini digunakan untuk membuat vaksin flu dan polio. 


vaksin valneva disetujui
(Prof. Adam Finn, anggota Komite Gabungan untuk Vaksinasi dan Imunisasi dan kepala penyelidik pada program pengembangan klinis Valneva mengatakan vaksin ini disetujui untuk digunakan pada orang berusia 18 hingga 50 tahun, dengan dosis pertama dan kedua diambil setidaknya dalam jarak 28 hari. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Hasil yang dirilis oleh Valneva pada bulan Oktober menunjukkan bahwa vaksin tersebut bisa seefektif jab Oxford. Selain itu, stabil saat disimpan di lemari es standar, yang bisa membuatnya lebih mudah didistribusikan daripada beberapa tusukan covid-19 lainnya.

Prof. Sir Munir Pirmohamed, ketua Komisi independen untuk Pengobatan Manusia, mengatakan komisi dan kelompok kerja ahli covid-19 telah mempertimbangkan dengan cermat bukti dan menyarankan bahwa keseimbangan manfaat-risiko positif. 

“Vaksin ini disetujui untuk digunakan pada orang berusia 18 hingga 50 tahun, dengan dosis pertama dan kedua diambil setidaknya dalam jarak 28 hari,” jelas Prof. Adam Finn, anggota Komite Gabungan untuk Vaksinasi dan Imunisasi dan kepala penyelidik pada program pengembangan klinis Valneva.  

Jumlah kematian akibat virus korona yang terdaftar setiap minggu di Inggris dan Wales terus meningkat, meskipun tingkatnya tetap jauh di bawah yang dicapai selama gelombang covid-19 sebelumnya. 

"Atas nama semua peserta dalam uji klinis yang mendukung otorisasi ini, yang dilakukan di Inggris, dan semua tim klinis dan laboratorium yang terlibat, saya ingin menyampaikan kegembiraan kami bahwa sekarang Valneva telah disetujui," syukur Prof. Finn. 

(TIN)

MOST SEARCH