FITNESS & HEALTH

Selain Diabetes, Ini Penyebab Kesehatan Matamu Berkurang

Raka Lestari
Kamis 07 Januari 2021 / 19:00
Jakarta: Mata sering disebut-sebut sebagai jendela jiwa. Namun, mata juga bisa memberikan sekilas gambaran dari kesehatan tubuh. Perubahan pada mata bisa menandakan masalah penglihatan, diabetes, stres, bahkan gangguan retina.

Dan menurut Natasha Herz, M.D., juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology, berikut ini adalah kondisi mata yang berkaitan dengan kesehatan:
 

1. Diabetes


Penglihatan kabur tidak hanya menandakan masalah medis pada mata itu sendiri (seperti katarak atau degenerasi makula), itu juga bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius seperti diabetes.

Faktanya, sebuah studi pada Agustus 2014 menemukan bahwa 73 persen dari sampel pasien diabetes melaporkan penglihatan kabur. Bahkan tanpa kesulitan melihat, dokter mata mungkin dapat mendeteksi diabetes selama pemeriksaan mata berdasarkan kondisi retina.
 

2. Kolesterol tinggi


Jika kamu melihat cincin putih terbentuk di sekitar busur kornea mata (itu istilah medis untuk iris mata), mungkin inilah saatnya mengunjungi dokter mata dan dokter umum untuk pemeriksaan. Meski perubahan warna khusus ini paling umum merupakan tanda penuaan, Herz mengatakan hal itu juga bisa menjadi indikasi kolesterol dan trigliserida tinggi yang mungkin berarti peningkatan risiko serangan jantung atau stroke.
 

3. Tekanan darah tinggi


Selain meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, tekanan darah tinggi yang tidak ditangani juga dapat merusak pembuluh darah di retina, yang dikenal sebagai hipertensi retinopati. Kamu tidak dapat melihat efeknya di cermin, tetapi dokter dapat melihat kerusakan selama pemeriksaan mata. Mengetahui tekanan darah tinggi sejak dini bisa menyelamatkan nyawa.
 

4. Alergi


Jika mata sangat kering dan kulit di sekitarnya terlihat sedikit terkelupas, kamu mungkin secara tidak sadar terlalu sering menggosok mata. Menggosok mata dengan keras atau sering, dapat menyebabkan kelopak mata menjadi lebih kendur, atau kekurangan elastisitasnya.

"Jika kelopak mata mengendur menjauh dari mata, itu tidak hanya menyebabkan keriput, tetapi juga memungkinkan peningkatan paparan udara dan dapat membuat mata menjadi terlalu kering. Salah satu penyebab paling umum dari mata gatal adalah alergi musiman," kata Herz.
(FIR)

MOST SEARCH