FITNESS & HEALTH

Kebiasaan saat Sarapan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Sabtu 20 November 2021 / 07:15
Jakarta: Sarapan biasanya disebut sebagai waktu makan terpenting untuk memulai hari. Pemilihan sarapan yang tepat bisa sangat penting karena akan menentukan pola makan pada hari tersebut.

Bagi kamu yang berharap menurunkan berat badan, mengatur kebiasaan sarapan yang lebih cerdas dan lebih seimbang di pagi hari sangat diperlukan. Berikut ini adalah berbagai kebiasaan sehat yang perlu diperhatikan ketika memilih makanan untuk sarapan:
 

Fokus pada protein


Protein sangat penting kaitannya dengan penurunan berat badan. Protein memastikan perutmu merasa kenyang lebih lama.

“Faktanya, protein adalah makronutrien utama untuk rasa kenyang, yang berarti makan sarapan kaya protein adalah cara terbaik untuk memulai kebiasaan makan hari ini,” kata Serena Poon, ahli gizi bersertifikat dan koki selebriti.

"Bahkan tindakan sederhana makan protein membakar kalori. Protein memiliki efek termis yang lebih tinggi daripada makronutrien lainnya, yang berarti tubuh akan menggunakan lebih banyak energi untuk mencerna makronutrien ini daripada lemak atau karbohidrat," kata Poon.
 

Makan setelah olahraga


Kebanyakan orang berpikir mereka perlu makan sebelum berolahraga di pagi hari. Namun ini tidak benar menurut Dr Heather Moday, seorang dokter kedokteran fungsional integratif.

"Ketika kita berolahraga dalam keadaan puasa, kita membakar glikogen yang tersimpan ini. Jadi kita lebih cenderung membakar lemak untuk bahan bakar," jelas Dr. Moday.

Ada juga efek 'afterburn' untuk berolahraga, di mana tingkat metabolisme tubuh meningkat setelah berolahraga selama beberapa jam. Sehingga tubuh benar-benar akan membakar lebih banyak kalori setelah berolahraga saat kamu mengisi bahan bakar.
 

Jangan lupa minum air putih


Seperti yang dijelaskan Poon, tubuh kita terdiri dari 60 persen air dan tubuh membutuhkan banyak air untuk berfungsi dengan benar. Tetap terhidrasi mendukung pencernaan yang sehat, yang dapat menyebabkan berat badan dan penampilan perut yang sehat.

"Tidak peduli bagaimana kamu melihatnya, minum banyak air dapat membantumu mencapai tujuan kesehatan yang diinginkan," terang Poon.
 

Makan sayuran


Sayuran kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan yang paling terpenting adalah serat yang membuat lebih cepat kenyang. Serat juga mendukung keseimbangan dalam mikrobioma usus, yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan yang berkelanjutan.

"Sayuran juga dapat mengandung nutrisi yang dapat mengurangi perut kembung, seperti potasium dan magnesium yang ditemukan dalam sayuran hijau yang dapat membantu tubuh menyeimbangkan kadar natrium," pungkas Poon.
(FIR)

MOST SEARCH