FITNESS & HEALTH

Hati-hati Bila Terjadi Perubahan Hati yang Begitu Cepat

Mia Vale
Selasa 30 November 2021 / 14:05
Jakarta: Memiliki hari-hari di mana kita merasa sedih atau sangat gembira adalah normal, selama tidak menggangu hidup kamu. Namun, bila perubahan hati (moody swing) terjadi secara serius dan sering, itu harus diperhatikan.

Beberapa penyebab perubahan perilaku yang cepat dapat dikaitkan dengan kesehatan mental, hormon, penggunaan zat, atau kondisi kesehatan lainnya 

Bila tidak bisa memprediksi berapa hari mood kamu berubah, mungkin itu tanda dari sesuatu yang lebih serius. Mungkin saja awalnya kamu merasa marah tapi satu menit kemudian berubah bahagia. Bila itu terjadi, kemungkinan memiliki emosi yang bisa merusak hidup kamu. 

Segera temui dokter. Biasanya mereka dapat mendiskusikan kemungkinan alasan mengapa kamu mengalaminya. Berikut beberapa hal mengenai perubahan hati yang begitu cepat seperti dinukil dari Healthline.
 

Kondisi yang terkait moody swing


Dalam banyak kasus moody swing merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius. Kondisi kesehatan mental, misalnya. Sebagaimana dilansir dari laman tersebut, banyak kondisi kesehatan mental dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang parah. Mereka sering disebut sebagai gangguan mood. 


mood swing adalah
(Perubahan suasana hati yang ekstrem juga bisa terjadi jika memiliki kondisi kesehatan mental lainnya, seperti skizofrenia dan gangguan hiperaktif defisit perhatian (ADHD). Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
 

Mereka termasuk yang berikut: 


Gangguan bipolar. Emosi berkisar dari sangat senang hingga sangat sedih. Umumnya hanya terjadi beberapa kali dalam setahun, bahkan pada gangguan bipolar siklus cepat. 

Gangguan siklotimik. Merupakan gangguan mood ringan yang mirip dengan gangguan bipolar II. Kamu memiliki emosi naik turun tapi tidak terlalu parah dibandingkan dengan  gangguan bipolar. 

Gangguan depresi mayor (MDD). Di MDD, kamu mengalami kesedihan yang luar biasa untuk jangka waktu lama. Pun kadang-kadang disebut depresi klinis. 

Distimia. Disebut gangguan depresi persisten (PDD) yakni bentuk depresi kronis. 

?Gangguan kepribadian. Kamu mungkin mengalami perubahan suasana hati yang cepat dalam waktu relatif singkat. 

Gangguan disregulasi suasana hati yang mengganggu (DMDD). Hanya didiagnosis pada anak-anak. Si kecil memiliki ledakan yang tidak sesuai dengan tahap perkembangannya.

Perubahan suasana hati yang ekstrem juga bisa terjadi jika memiliki kondisi kesehatan mental lainnya, seperti skizofrenia dan gangguan hiperaktif defisit perhatian (ADHD). 
 

Kondisi hormonal 


Juga dapat menyebabkan moody swing. Ini ada hubungannya dengan hormon yang memengaruhi kimia otak. Remaja dan wanita yang sedang hamil atau mengalami menopause mungkin mengalami perubahan suasana hati karena perubahan hormonal yang terkait dengan fase perkembangan tubuh mereka ini. 
 

Penggunaan zat


Gangguan penggunaan zat bisa sulit baik pada orang dengan gangguan atau orang yang dicintai. Untuk itu, diperlukan bantuan dokter agar dapat memberikan rencana perawatan sesuai dengan yang mereka butuhkan. 

Mungkin kamu perlu mencatat kapan mengalami perubahan suasana hati dan apa yang dilakukan sebelum itu terjadi. Membuat jurnal untuk mencatat perubahan suasana hati yang signifikan juga dapat membantu menentukan alasan kamu mengalaminya.

Gunanya, agar dokter bisa menilai apakah kamu bereaksi terhadap perubahan gaya hidup atau apakah itu akibat dari masalah mendasar.

Ingatlah bahwa moody swing dapat bervariasi dalam tingkat keparahannya. Mengalami berbagai emosi adalah bagian dari kehidupan. Moody swing harus dianggap serius bila berdampak negatif pada kehidupan pada kehidupan atau orang-orang di sekitar kamu. 
(TIN)

MOST SEARCH