FITNESS & HEALTH

Bak Morgan Freeman, Ini Dia 5 Tanda Seseorang Menderita Fibromyalgia

Mia Vale
Minggu 02 Oktober 2022 / 06:30
Jakarta: Setelah mengalami kecelakaan mobil pada tahun 2008, aktor kenamaan Morgan Freeman menderita fibromyalgia di mana menyebabkan kerusakan saraf di tangan kirinya.

"Fibromyalgia adalah salah satu alasan paling umum untuk nyeri kronis, memengaruhi berkisar empat juta orang Amerika. Ini juga salah satu yang paling disalahpahami," buka rheumatologist Carmen Gota, MD.

Mitos yang paling umum bahwa fibromyalgia itu adalah semua hal ada di kepala kamu. Orang yang menderita fibromyalgia takut orang-orang di sekitar mereka tidak percaya bahwa itu adalah penyakit yang nyata dan takut mereka akan dicap malas. Berikut adalah lima tanda fibromyalgia, menurut penjelasan yang telah dinukil dari Eat This, Not That!
 

1. Gejala seperti flu


Gejala fibromyalgia dapat mencerminkan gejala flu. "Penyebab fibromyalgia tidak diketahui," ujar spesialis manajemen nyeri Robert Bolash, MD. Ia menambahkan, genetik, trauma atau infeksi mungkin berperan. Penderita fibromyalgia mengatakan rasanya seperti terkena flu sepanjang waktu."


(Fibromyalgia adalah gangguan yang salah satunya ditandai dengan nyeri muskuloskeletal. Sistem muskuloskeletal tubuh sendiri adalah struktur yang mendukung anggota badan, leher, dan punggung. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Nyeri pada otot


Nyeri sendi dan tendon kronis merupakan gejala fibromyalgia yang paling umum. "Pada pasien dengan fibromyalgia, sinyal rasa sakit mereka muncul seperti kamu menaikkan volume di radio," ujar Dr Bolash.
 

3. Kelelahan dan kecemasan


Orang dengan fibromyalgia mengalami nyeri otot dan nyeri tekan di seluruh tubuh mereka biasanya bersama dengan gejala lain, termasuk kelelahan ekstrem, gangguan mood (seperti kecemasan dan depresi), sakit kepala, dan masalah dengan tidur dan memori.
 

Apakah fibromyalgia turunan?


Jika ada anggota keluarga yangmenderita fibromyalgia, mungkin secara genetik, seseorang cenderung untuk mendapatkannya. Namun begitu, dokter tidak tahu apa yang menyebabkan fibromyalgia, itu terkadang diturunkan dalam keluarga, yang mungkin menunjukkan kecenderungan genetik yang mendasari penyakit ini.
 

Kelola stres, salah satunya


Jika seseorang menderita fibromyalgia, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan dan bagikan kekhawatiran yang dirasa. Untuk mengatasinya, ada baiknya bila seseorang bisa mengelola stresnya, berolahraga, mengelola berat badan, dan terlibat dalam komunitas yang diikuti.

Sangat penting untuk mengatasi stresor dan bagaimana seseorang merespons stres. American Fibromyalgia Syndrome Association merekomendasikan untuk memulai dengan olahraga ringan dalam interval pendek (seperti lima menit setiap kali) untuk menjaga otot tetap bugar tanpa membebani mereka secara berlebihan.

Pendekatan multidisiplin dengan terapi fisik, psikologi nyeri, dan bahkan obat tidur sering kali dibutuhkan. Terakhir, jalani kehidupan biasa sebanyak mungkin. Orang yang bekerja, menjadi sukarelawan, atau melakukan sesuatu yang memberi mereka rasa kepuasan, jauh lebih baik.
(TIN)

MOST SEARCH