FITNESS & HEALTH

Patut Dicoba, 5 Bahan Ini Bikin Paru-paru Jadi Bersih dan Napas Lebih Baik

Mia Vale
Rabu 07 September 2022 / 11:10
Jakarta: Polusi udara dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Dari asma yang memburuk, menyebabkan penyakit pernapasan lainnya hingga penyakit kardiovaskular. Bahkan, polusi udara dikaitkan dengan risiko kematian akibat covid-19 yang lebih besar. Semua itu membuat merawat paru-paru kita menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Selain memakai masker untuk melindungi terhirupnya udara kotor, mengonsumsi makanan tertentu juga dapat membantu membangun ketahanan terhadap efek berbahaya dari polutan. 

Dokter pun menyarankan untuk menambahkan makanan yang kaya antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu detoksifikasi paru-paru dan melindungi tubuh dari polusi udara. 

Mau tahu makanan apa saja yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan risiko terkena infeksi akibat polusi udara? Berikut rangkuman yang telah dinukil dari Times of India untuk kamu.



(Minum jahe sering dilakukan untuk meredakan nyeri ringan, nyeri, dan kram, serta peradangan umum. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

1. Jahe


Terkenal dengan sifat anti-inflamasinya, jahe kerap digunakan guna menyembuhkan batuk dan pilek ala rumahan. Akar membantu menghilangkan racun dari saluran pernapasan. 

Ini kaya akan vitamin dan mineral seperti magnesium, potasium, beta-karoten dan seng, yang semuanya membantu menjaga kesehatan paru-paru. Kamu bisa menambahkan jahe ke dalam teh, salad, kari, atau masakan lainnya.
 

2. Kunyit


Salah satu rempah yang umum ada di rumah ini bisa mengurangi peradangan dan sesak yang disebabkan karena penyakit pernapasan. Senyawa aktif dalam kunyit membersihkan paru-paru secara alami. Pun membangun kekebalan dan detoksifikasi tubuh. Cukup gunakan kunyit mentah atau bubuk dalam susu, kari, salad, dan smoothie.
 

3. Madu


Merupakan pemanis alami dan populer karena sifat antibakterinya yang membantu mengurangi masalah pernapasan. Ini membantu membersihkan saluran udara dan menjaga kesehatan paru-paru Anda. Sesendok madu dalam air hangat sangat bermanfaat untuk membersihkan paru-paru Juga dalam meredakan pilek dan batuk.
 

4. Bawang putih


Senyawa yang disebut allicin, umum bertindak sebagai agen antibiotik dan membantu menyembuhkan infeksi pernapasan. Selain meringankan sesak napas, bawang putih juga mengurangi peradangan dan risiko kanker paru-paru. Bawang putih bekerja sangat baik untuk pasien asma. Namun, bawang putih meninggalkan bau di mulut.
 

5. Teh hijau


Bukan hanya untuk menurunkan berat badan dan mengurangi peradangan, teh hijau juga baik untuk memperbaiki kondisi paru-paru. Caranya, cukup konsumsi teh hijau dua kali sehari.

(TIN)

MOST SEARCH