FITNESS & HEALTH

Jus Wortel dan Gula Darah, Meski Bermanfaat Tetap Ada Aturannya

Mia Vale
Selasa 02 Agustus 2022 / 17:05
Jakarta: Jus umumnya dianggap tidak sehat bagi penderita diabetes. Namun, mengonsumsi jus buatan sendiri yang diperas dari buah-buahan yang memiliki GI rendah adalah praktik yang baik, tetapi dalam batas tertentu. Salah satunya, jus wortel. 

Jus wortel memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi, jangan sampai terjebak dalam pemikiran bahwa penderita diabetes aman mengonsumsi jus wortel. Pasalnya, untuk mendapatkan manfaat tersebut, penderita diabetes tetap harus sesuai takaran saji. 

Perlu diketahui, indeks glikemik jus wortel adalah 86, lebih tinggi dari batas aman untuk diabetes. Beban glikemiknya juga tinggi, karena serat dipecah selama proses pembuatan jus. 



(Jus wortel dapat menjadi pengganti yang baik untuk jus buah dengan GI tinggi. Namun, penting untuk menjaga ukuran porsi tetap terkendali. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Oleh karena itu, tidak disarankan bagi individu dengan diabetes yang tidak terkontrol untuk mengonsumsi jus wortel, bahkan dalam bentuk tanpa pemanis. Jika kamu penderita diabetes, tetapi dengan kadar gula darah terkendali, kamu dapat mengonsumsi jus wortel dalam jumlah sedang, mengingat manfaat kesehatannya.
 

Manfaat wortel untuk gula darah


Seperti yang telah dilansir dari Healthline, minum jus wortel dalam jumlah kecil dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Secara khusus, penelitian pada tikus dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa jus wortel yang difermentasi menurunkan gula darah dan meningkatkan penanda terkait lainnya.

Itu karena jus mengandung probiotik, yang merupakan bakteri menguntungkan yang mempengaruhi bakteri usus yang terkait dengan diabetes. 

Studi hewan pengerat lain menemukan bahwa jus wortel ungu meningkatkan kontrol gula darah karena efek anti-inflamasi dari pigmen antosianinnya. Namun, ini adalah jenis jus wortel yang sangat spesifik. Tidak diketahui apakah jus wortel biasa memiliki efek serupa. 

Meski begitu, jus wortel memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah — ukuran seberapa banyak makanan tertentu meningkatkan kadar gula darah. Mengonsumsi makanan dan minuman rendah glikemik dapat membantu meningkatkan manajemen gula darah pada penderita diabetes.

Dengan demikian, jus wortel dapat menjadi pengganti yang baik untuk jus buah dengan GI tinggi. Namun, penting untuk menjaga ukuran porsi tetap terkendali, karena terlalu banyak dapat meningkatkan kadar gula darah.

(TIN)

MOST SEARCH