FITNESS & HEALTH

Pasta dan Beberapa Makanan Ini Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh selama Musim Hujan

Raka Lestari
Kamis 14 Januari 2021 / 12:20
Jakarta: Musim hujan terkadang dapat membuat kesehatan tubuhmu menurun. Salah satu hal yang bisa mencegahnya, kamu bisa menambahkan asupan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Sangat penting untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu pada musim hujan. Hal ini karena biasanya beberapa makanan yang tertentu akan menjadi lebih segar dan kaya akan nutrisi jika dikonsumsi pada musim hujan," ujar Dr Mike Roussell, Ph.D., salah satu pendiri Neuro Coffee dan Neutein.

Dikutip dari Eite Daily, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan energi Anda di musim dingin:
 

1. Goji berry


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine, meminum jus goji berry selama dua minggu dapat secara signifikan meningkatkan tingkat energi tubuh, serta kemampuan seseorang untuk fokus. Bahkan dapat membantumu merasa lebih tenang.
 

2. Oatmeal


Menurut sebuah studi  terhadap profil nutrisi oat, yang diterbitkan dalam Journal of Food Science Technology, kandungan lemak tinggi dalam makanan ini berarti bahwa mengandung energi yang sehat untuk tubuh kita. Mengonsumsi oatmeal hangat pada musim dingin sangat sempurna untuk melawan penurunan tingkat energi ketika cuaca dingin.
 

3. Kaldu tulang


"Kami sering merekomendasikan makanan kaya protein yang berbentuk cair, seperti kaldu, khususnya kaldu tulang, karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalanmu," kata Monica Auslander Moreno, MS, RD, LD / N, konsultan nutrisi untuk RSP Nutrition.

Kamu juga dapat memasukkan rempah-rempah lain seperti oregano, kunyit, bawang putih, dan cabe rawit dalam kaldu yang dikonsumsi, yang dapat membantu melawan pilek juga.
 

4. Tiram mentah


"Tiram mentah merupakan makanan yang paling baik dikonsumsi selama musim dingin," kata Dr Roussell.

Tiram mentah juga sangat kaya zinc. Zinc adalah mineral utama yang diperlukan untuk kekebalan tubuh dan fungsi otak yang tepat. Dua hal penting selama musim dingin akan terasa kurang berjalan dengan baik.
 

5. Pasta


Dr. Roussell mengatakan bahwa kamu tidak boleh mengabaikan makanan berat seperti karbohidrat ketika cuaca dingin. Sebab karbohidrat selain memberi banyak energi, juga membantu mencegah perubahan mood yang berhubungan dengan cuaca juga.

"Pada dasarnya, menurut Roussell, insulin yang dilepaskan dalam tubuh ketika makan karbohidrat akan diubah menjadi serotonin. Semakin banyak serotonin yang diproduksi oleh otak, semakin baik mood kamu," pungkas Dr Rousell.
(FIR)

MOST SEARCH