FITNESS & HEALTH

Sakit Tenggorokan: Bagaimana Mengetahui Apakah itu Covid, Alergi, atau Radang?

Mia Vale
Minggu 11 September 2022 / 14:00
Jakarta: Seperti kita ketahui, salah satu gejala covid-19 adalah sakit tenggorokan. Namun, alergi atau radang pun yang dirasakan tidak enak terletak pada bagian tenggorokan. Seperti misalnya daerah Chicago, saat ini sakit akibat alergi sedang meningkat, dengan gejala seperti ruam dan pilek.

Meskipun ada beberapa gejala yang tumpang tindih dalam hal alergi dan covid-19 - seperti pilek, bersin, iritasi di tenggorokan, ahli Alergi Loyola Dr Rachna Shah mengatakan ada beberapa cara untuk membedakannya. 

"Gejala yang kita lihat saat covid-19 dibandingkan dengan mereka yang alergi umumnya sakit tenggorokan, demam, nyeri tubuh, dan nyeri," imbuh Shah. Berikut daftar gejala covid-19, radang tenggorokan, dan alergi yang digariskan oleh CDC.


(Hidung tersumbat, sakit tenggorokan, pilek, atau mual, muntah disebutkan CDC sebagai beberapa gejala dari covid-19. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

Gejala covid-19


- Demam atau kedinginan
- Batuk
- Sesak atau kesulitan bernapas
- Kelelahan
- Sakit otot atau badan
- Sakit kepala
- Kehilangan rasa atau bau baru (walaupun dokter telah mencatat bahwa varian covid-19 terbaru biasanya tidak akan menyebabkan hilangnya rasa atau bau)
- Sakit tenggorokan
- Hidung tersumbat atau pilek
- Mual atau muntah
- Diare
 

Gejala alergi


‌Gejala dari rinitis alergi meliputi: bersin, pilek, penyumbatan
Gejala dari konjungtivitis alergi meliputi: mata merah, berair, atau gatal
 

Gejala radang tenggorokan


- Sakit tenggorokan yang bisa dimulai sangat cepat
- Sakit saat menelan
- Demam
- Amandel merah dan bengkak, terkadang dengan bercak putih atau garis-garis nanah bintik-bintik merah kecil (petechiae — diucapkan pi-TEE-kee-eye) di langit-langit mulut (langit-langit lunak atau keras)
- Pembengkakan kelenjar getah bening di bagian depan leher

CDC menyarankan untuk mencari pertolongan medis jika seseorang mengalami kesulitan bernapas, nyeri atau tekanan terus-menerus di dada, kebingungan baru dan ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga, serta kulit, bibir, atau kuku yang pucat, abu-abu atau biru.

(TIN)

MOST SEARCH