FITNESS & HEALTH

5 Cara Atasi Kembung karena Haid

Kumara Anggita
Kamis 10 Juni 2021 / 11:00
Jakarta: Kembung adalah gejala awal menstruasi yang umum dialami banyak perempuan. Kini, kamu enggak perlu khawatir karena beberapa cara rumahan bisa mengurangi atau bahkan mencegah rasa tak nyaman yang ditimbulkan kembung tersebut. 

Berikut lima cara mengatasi kembung karena haid yang dikutip dari Healthline: 

 

1. Konsumsi makanan yang tepat


Kamu harus menghindari makan terlalu banyak garam. The American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi asupan garam harian tidak lebih dari 2.300 mg.

Fokuslah pada makan buah dan sayuran, serta makanan sehat lainnya seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, kacang-kacangan untuk mengurangi rasa tak nyaman karena kembung.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Banyak minum air putih


Pastikan kamu minum banyak air pada hari-hari menjelang menstruasi. Cobalah membawa botol air kemana-mana, dan usahakan untuk mengisinya beberapa kali sehari. Tidak ada patokan untuk jumlah air yang diminum setiap hari. Jumlahnya bervariasi dari orang ke orang dan tergantung pada lingkungan, kesehatan pribadi, serta faktor lainnya. Aturan praktis yang baik adalah membidik minimal delapan gelas air dalam sehari. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


 

3. Hindari alkohol dan kafein


Para ahli percaya bahwa alkohol dan kafein berkontribusi terhadap kembung dan gejala lain dari sindrom pramenstruasi (PMS). Daripada minum dua hal ini, lebih baik perbanyak minum air putih saja.

Jika kamu kesulitan melewatkan secangkir kopi pagi, cobalah menggantinya dengan minuman yang mengandung lebih sedikit kafein, seperti teh, atau ganti beberapa kopi berkafein dengan jenis tanpa kafein.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Olahraga teratur



Olahraga teratur adalah kunci untuk mengurangi gejala PMS. Para ahli merekomendasikan kamu bisa melakukan salah satu dari aktivitas berikut:



1. Beberapa jam aktivitas fisik sedang dalam seminggu.

2. Satu jam atau lebih aktivitas berat dalam seminggu.

Kombinasikan tingkat aktivitas ini untuk rencana kebugaran yang optimal, tambahkan beberapa latihan untuk membangun otot kamu beberapa kali seminggu.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Pertimbangkan konsumsi obat


Jika pengobatan rumahan tidak mengurangi kembung sebelum dan selama menstruasi, kamu mungkin ingin berbicara dengan dokter tentang perawatan lain. Beberapa di antaranya adalah pil KB yang dapat membantu kamu mengurangi gejala PMS. 

Selain itu, kamu bisa juga coba diuretik. Pil-pil ini membantu mengurangi cairan yang disimpan tubuh kamu. Dokter  mungkin meresepkannya untuk meredakan kembung yang parah.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

(yyy)

MOST SEARCH