FITNESS & HEALTH

Gejala Usus Buntu pada Anak yang Perlu Diwaspadai Orang Tua

Raka Lestari
Jumat 03 September 2021 / 18:48
Jakarta: Usus buntu adalah organ kecil yang menempel pada usus besar di sisi kanan bawah perut. Ketika terinfeksi, itu disebut radang usus buntu.

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk juga pada anak-anak. Jadi sangat penting untuk mengetahui gejalanya demi mendapatkan perawatan medis segera.
 

Tanda dan gejalanya


Tanda-tanda pertama radang usus buntu seringkali berupa demam ringan dan nyeri di sekitar pusar. Mungkin tampak seperti hanya sakit perut. Tetapi dengan radang usus buntu, rasa sakit biasanya semakin parah dan bergerak ke sisi kanan bawah perut.

Dilansir dari Kid’s Health, jika anak-anak mengalami sakit perut, waspadai tanda-tanda usus buntu berikut ini:

- Rasa sakit yang kuat, terutama di sekitar pusar atau di bagian kanan bawah perut (nyeri mungkin datang dan pergi pada awalnya, kemudian tumbuh stabil dan intens).
- Demam ringan
- Kehilangan selera makan
- Mual (merasa sakit) dan muntah (muntah)
- Diare (terutama dalam jumlah kecil, dengan lendir)
- Perut bengkak

Jika rasa sakit menyebar ke seluruh perut, itu mungkin berarti usus buntu telah pecah. Dokter menyebutnya radang usus buntu pecah, dan ini merupakan kondisi yang serius. Demam tinggi yang mencapai 40°C adalah tanda lain dari usus buntu yang pecah.

Hubungi dokter dengan segera jika merasa anakmu sudah menderita radang usus buntu. Semakin cepat diketahui, semakin mudah pengobatannya.
 

Cara pengobatan


Seorang ahli bedah akan melakukan operasi untuk mengeluarkan usus buntu yang terinfeksi. Biasan disebut appendectomy. Pada umumnya, ahli bedah menggunakan alat kecil yang disebut laparoskop untuk mengangkat usus buntu melalui sayatan kecil di perut. Anak-anak yang mendapatkan operasi ini biasanya tinggal di rumah sakit selama sehari.

Seorang anak yang memiliki usus buntu yang pecah mungkin perlu tinggal di rumah sakit lebih lama setelah operasi usus buntu. Untuk itu memberikan antibiotik dapat membunuh bakteri yang menyebar ke dalam tubuh.
 

Apakah bisa dicegah?


Tidak ada cara untuk mencegah radang usus buntu. Tetapi ketika anak-anak mendapatkan perawatan medis yang tepat dengan cepat, dokter biasanya menemukan dan mengobatinya tanpa masalah.
(FIR)

MOST SEARCH