FAMILY

5 Tips agar Kacamata Kesayanganmu Awet Dipakai

Raka Lestari
Sabtu 18 Desember 2021 / 15:38
Jakarta: Kacamata merupakan salah satu alat bantu untuk melihat, tetapi banyak orang yang mengeluhkan bahwa kacamata yang mereka miliki sangat mudah patah dan rusak. Cara penyimpanan yang tepat merupakan hal yang bisa dilakukan, agar kacamata kesayanganmu bisa awet dan bertahan lama.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat kacamata agar dapat bertahan lama:
 

1. Selalu gunakan kedua tangan ketika melepasnya


Dengan melepas kacamata hanya menggunakan satu tangan, membuat kacamata menjadi longgar atau dapat menyebababkan penyangga kuping pada kacamata mengubah posisi, yang pada akhirnya dapat membuat kacamata tidak pas ketika dipakai.
 

2. Hindari kesalahan saat membersihkannya


Hindari membersihkan kacamata dengan bahan yang mengandung ammonia atau alkohol di dalamnya, karena bahan kimia yang keras tersebut dapat merusak lapisan lensa pada kacamata. Sebaliknya, cuci kacamata atau kacamata hitam dengan menggunakan sabun pencuci piring. Keringkan lensa dengan kain mikrofiber yang dirancang khusus untuk kacamata dan jangan gunakan tisu biasa, handuk kertas, atau bahan berbasis kayu lainnya, yang dapat menyebabkan goresan.
 

3. Ketika berada di pantai, usahakan jangan sampai terkena air laut


Ketika lensa kacamata terkena pasir pantai, usahakan untuk tidak membersihkannya dengan air pantai. Gunakan handuk untuk menghilangkan pasirnya. Kristal kecil dari air laut atau pasir bisa menggores lensa dari kacamata tersebut.
 

4. Jauhkan kacamata dari kondisi yang sangat panas


Jangan meninggalkan kacamata atau kacamata hitam di dalam mobil dalam waktu yang lama ketika cuaca sedang panas. Sebagian besar kacamata terbuat dari bahan plastik yang dibentuk, sehingga jika terkena suhu yang sangat panas, maka akan menyebabkan tangkai kacamata meleleh atau menjadi terlalu lentur.
 

5. Jangan kenakan kacamata di atas kepala


Menaruh kacamata di atas kepala seperti mengenakan bando, merupakan kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh mereka yang menggunakan kacamata. Padahal kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kacamata justru menjadi renggang. Selain itu, minyak alami dari rambut dan kulit kepala bisa merusak dan memengaruhi lensa kacamata itu sendiri.
(FIR)

MOST SEARCH