FAMILY

Gizi yang Seimbang Mendukung Anak saat Belajar di Rumah

A. Firdaus
Kamis 19 November 2020 / 19:49
Jakarta: Sudah hampir setahun anak-anak harus mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Semua itu lantaran adanya pandemi covid-19 yang membuat pemerintah melarang anak-anak belajar di sekolah untuk sementara waktu.

Perubahan cara belajar ini menjadi tantangan buat anak-anak. Pasalnya, berdasarkan survei, lebih 90 persen anak-anak akan kehilangan energinya. Mereka juga cepat lelah, dan menurunkan motivasi ketika belajar di rumah.

Sehingga muncul rasa malas dan gangguan imunitas. Bahkan tak jarang melihat anak-anak sulit menyelesaikan pelajaran dari gurunya.

Untuk itu, butuh dukungan orang tua baik motivasi maupun asupan makanan. Seperti memberikan sarapan dengan gizi yang seimbang dan mengajak anak lebih aktif bergerak. Agar otak anak bekerja dengan baik.

"Salah satu sumber gizi yang penting adalah, serealia utuh. Sebab serealia utuh masih memiliki keseluruhan tiga lapisan (kuli, endosperma, dan inti), yang mengandung lebih banyak serat, vitamin B, karbohidrat, dan protein," ujar Dr. Rita saat webinar: Selalu Siap Belajar di Rumah Bersama KOKO Krunch Nutrismarta, Kamis 19 November.

Untuk itu Dr. Rita Ramayulis DCN, M. Kes, menjelaskan gizi seimbang yang dibutuhkan agar anak-anak bisa menerima dan menangkap pelajaran. Berikut di antaranya:
 

1. Glukosa


Glukosa adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai energi otak.
 

2. Vitamin B Komplek (B1, B2, B3, dan B6)


Mendapatkan kombinasi vitamin B (B2, B3, B6, B9) membantu proses metabolisme energi. Sehingga siap digunakan otak dan fungsi normal sisten syaraf.

"Vitamin B juga berperan penting dalam membantu mengoptimalkan funsgi organ dan jaringan tubuh anak, karenanya sangat dianjurkan dalam menu makanan dan minuman sehari-hari pada anak-anak," terang Dr. Rita.
 

3. Asam Folat (Vitamin B9)


Asam folat membangun alat transportasi oksigen dan zat gizi ke otak serta meningkatkan perkembangan syaraf otak dan motorik anak.
 

4. Zat Besi


Zat besi merupakan komponen hemoglobin yang membawa oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh termasuk otak. Selain itu bisa meningkatkan perkembangan fungsi normal kognitif dan kesehatan mental.
(FIR)

MOST SEARCH