FAMILY

Cermati Jenis dan Cara Merawat Ruam Bayi

Mia Vale
Minggu 21 November 2021 / 13:00
Jakarta: Ruam pada kulit bayi kerap juga dialami orang tua. Jenisnya pun beragam dan sangat bisa diobati. Jadi, meskipun rasanya tidak nyaman pada si kecil, orang tua tidak perlu panik.

Penyebab ruam bayi pun disebabkan kulit yang sangat baru dan sistem kekebalan yang sedang berkembang.

Dengan kata lain, kulit bayi lebih sensitif dan rentan terhadap banyak sumber iritasi atau infeksi. Ruam pada bayi, biasanya karena panas, alergi, gesekan, kelembapan, bahan kimia, wewangian, atau kain. 

Bahkan kotorannya sendiri pun dapat mengiritasi kulit bayi. Biasanya ruam itu akan muncul pada bagian: wajah, leher, kemaluan, lengan, kaki, tangan, area popok, dan lipatan kulit. 
 

1. Jerawat bayi


Biasanya muncul di wajah. Jerawat bayi bisa hilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu atau bulan. Demikian yang disebutkan dalam lama Healthline. Jangan gunakan obat jerawat dewasa untuk mengobati jerawat bayi
 

2. Ruam popok


Merupakan salah satu ruam bayi yang paling umum. Popok menahan kehangatan dan kelembapan di dekat kulit, dan urine dan feses mungkin bersifat asam dan sangat mengiritasi kulit. 

Obat terbaik untuk ruam popok meliputi: 

- Sering mengganti popok 
- Menyeka dengan kain basah yang lembut akan lebih baik 
?- Mengurangi makanan asam, seperti jeruk dan tomat, dalam makanan bayi
- Mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok agar ruam tidak terinfeksi 


merawat ruam popok bayi
(Ciri-ciri eksem bayi yang paling khas muncul di enam bulan pertama usianya adalah ruam berupa kumpulan bercak atau bintik-bintik merah di pipi, dagu, dahi, dan kulit kepala. Ruam eksem juga dapat membuat kulir bayi kering dan bersisik. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

3. Eksem 


Paling sering ditemukan di wajah, di belakang lutut, dan di lengan bayi. Jika memiliki riwayat keluarga dengan eksem atau kulit sensitif, bayi akan cenderung lebih rentan terhadap eksem. Ini mungkin disebabkan oleh alergi atau kepekaan kulit terhadap makanan, detergen, jenis kain, atau iritasi lainnya. 

Perawatan yang bisa dilakukan dengan eksem pada bayi: 

- Menjaga area tetap bersih dan kering 
- Krim dan salep yang dijual bebas 
- Menentukan apakah ada alergi dan menghilangkan alergen 
- Kunjungi dokter kulit anak untuk mengidentifikasi pemicu bayi kamu dan cara terbaik untuk mengobati eksem mereka
 

4. Cradle cap 


Cradle cap dapat diobati dengan minyak topikal, seperti minyak kelapa, menggosok lembut dengan sikat cradle cap, dan mencuci kepala bayi. 
 

5. Ruam air liur


Disebut juga ruam wajah, dan sangat umum terjadi pada bayi. Penggunaan dot, partikel makanan, pertumbuhan gigi, dan sering menyeka wajah juga dapat mengiritasi kulit. 

Ruam air liur biasanya sembuh dengan sendirinya dalam hitungan minggu. Ingat saat membersihkan wajah bayi setelah menyusu atau makan, bersihkan dengan air hangat tanpa sabun. 

Bersikaplah lembut saat membersihkan makanan dari wajah hindari losion beraroma di wajah, minimalkan penggunaan dot jika memungkinkan.
 

Cara mencegah ruam bayi 


Meskipun ruam bayi sangat umum terjadi, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah ruam. Langkah-langkah pencegahan yang beberapa orang coba meliputi: 

1. Sering mengganti popok 
2. Menjaga kulit tetap bersih dan kering menggunakan detergen cucian bebas iritasi atau detergen yang diformulasikan khusus untuk bayi 
3. Mmendandani bayi dengan kain yang dapat menyerap keringat, seperti katun 
4. Pakaikan bayi dengan baku yang tepat untuk cuaca untuk menghindari kepanasan 
5. Melacak reaksi kulit terhadap makanan sehingga kamu dapat menghindari makanan pemicu menjaga si kecil 
?tetap up-to-date tentang vaksinasi 
6. Tidak membiarkan orang asing atau siapa pun dengan gejala penyakit mencium bayimu
7. Mmenggunakan losion, sampo, dan sabun yang dirancang khusus untuk kulit bayi yang sensitif

Jila khawatir tentang ruam anak, atau ruam disertai demam, segera hubungi dokter anak. Mereka dapat membantu menentukan apa yang menyebabkan ruam pada bayi dan cara mengobatinya.
(TIN)

MOST SEARCH