End Google Analytics -->
FAMILY

Museum-museum di Jakarta yang Cocok untuk Rekreasi dan Juga Edukasi

Putri Purnama Sari
Selasa 27 Desember 2022 / 14:01
Jakarta: Kota Jakarta menjadi salah satu kota dengan berbagai ragam destinasi wisata yang unik, dan seru. Mulai dari sarana hiburan yang mainstream seperti mall, tempat rekreasi, tempat makan, hingga tempat wisata edukatif seperti museum ada di Jakarta.

Salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Ibu Kota adalah museum. Jika kamu berkunjung ke Jakarta, jangan melewatkan kesempatan berkunjung ke museum-museum yang ada di sini. Dari berbagai macam museum yang ada, kamu bisa belajar tentang sejarah Kota Jakarta sembari berekreasi. 

Berikut adalah museum di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan kamu.

1. Museum Fatahillah

Berbicara tentang museum di Jakarta  sepertinya kurang lengkap kalau kita tidak membahas tentang Museum Fatahillah. Museum yang satu ini menjadi salah satu objek wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di Museum Fatahillah kamu bisa menemukan berbagai macam koleksi yang merupakan replika dari peninggalan masa Pajajaran dan Tarumanegara. Tidak ketinggalan, kamu juga bisa melihat hasil penggalian arkeologi yang ada di Jakarta mulai dari keramik, gerabah, mebel hingga prasasti.
 
Baca: Libur Sekolah Telah Tiba! Waktunya Mengunjungi Museum, Ini 7 Manfaatnya
 

2. Museum Joang 45

Museum Joang 45 adalah salah satu museum yang wajib kamu kunjungi, karena museum ini menyimpan banyak koleksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Adapun beberapa koleksinya, seperti mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI pertama yang disebut juga sebagai mobil REP 1 dan REP 2, Mobil peristiwa pemboman di Cikini, Dokumentasi dan lukisan yang mengisahkan perjuangan bangsa Indonesia pada tahun 1945-1950-an, dan patung-patung para pahlawan yang sudah berjuang untuk Indonesia.

3. Museum MH Thamrin

Di dalam museum ini terdapat cukup banyak koleksi benda-benda yang dipamerkan terkait dengan kehidupan tokok Mohammad Hoesni Thamrin seperti Radio, Pakaian, Sepeda, Alat kesenian musik khas Betawi seperti tanjidor, Biola, dan Pakaian adat Betawi. Di museum ini juga terdapat beberapa diorama yang menceritakan kehidupan dan peristiwa-peristiwa yang dialami oleh MH Thamrin.

4. Museum Wayang

Museum di Jakarta yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Museum Wayang. Lokasi Museum ini masih satu area dengan museum Fatahillah yakni di kawasan kota tua. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam wayang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Tidak hanya dari Indonesia saja, wayang-wayang yang dipamerkan ada juga yang dari mancanegara seperti halnya Kamboja dan Republik Rakyat China.
Ada sekitar 4.000 wayang yang terdiri dari wayang golek, wayang kardus, wayang kulit, wayang janur, wayang beber, topeng, boneka hingga gamelan. Selain melihat koleksi-koleksi Wayang yang ada di sini, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan wayang pada hari-hari tertentu. 

5. Museum Tekstil

Museum Tekstil terletak di Jalan Aipda KS Tubun, Jakarta Pusat. Sesuai dengan namanya, disini kamu bisa melihat berbagai macam jenis tekstil terutama batik yang ada di Indonesia. Ada sekitar 2350 koleksi kain batik yang bisa kamu lihat di sini.
Tidak hanya itu, kamu juga bisa belajar membatik, menenun hingga pewarnaan. Seru sekali bukan? Disini kamu juga bisa belajar bagaimana menggunakan canting hingga malam atau lilin. Selain itu, kamu juga bisa membawa oleh-oleh dari sini berupa cinderamata seperti halnya, busana, kain aksesoris hingga peralatan batik dan buku-buku mengenai batik.

6. Museum Taman Prasasti 

Jika kamu ingin hunting foto dan merasakan sensasi berbeda saat berwisata di Jakarta, cobalah untuk berkunjung ke Museum Taman Prasasti. Di sini kamu bisa menemukan berbagai nisan dan patung-patung antik yang sering dijadikan lokasi berfoto oleh fotografer profesional maupun perorangan.
Lokasi Museum Taman Prasasti ini tidak jauh dari Museum Tekstil yakni masih di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebelum menjadi sebuah museum, tempat ini merupakan sebuah pemakaman bangsawan Belanda yang bernama Makan Kebon Jahe Kober. Hingga akhirnya pada masa Gubernur Ali Sadikin, pemakaman ini diresmikan menjadi museum prasasti. Museum di Jakarta ini memiliki luas hingga 5,5 hektar dengan jumlah makam hingga ribuan. 

7. Museum Bank Indonesia

Museum di Jakarta selanjutnya yang bisa kamu kunjungi selama berwisata adalah Museum Bank Indonesia. Di sini kamu bisa melihat bagaimana Bank Indonesia bisa berinovasi mulai dari jaman Belanda hingga saat ini.
Kamu juga bisa mengetahui bagaimana proses perubahan Rupiah dan berbagai bentuk mata uang dari seluruh dunia. Museum yang satu ini juga sangat nyaman sekali karena tempatnya bersih dan dingin. Selain itu, lokasi Museum Bank Indonesia juga sering dijadikan tempat berfoto karena arsitekturnya yang menarik dan unik.

8. Taman Arkeolog Onrust 

Taman Arkeologi Onrust adalah salah satu kawasan cagar budaya yang juga menjadi destinasi wisata bahari. Destinasi wisata ini terdiri dari tiga pulau cantik nan indah, yaitu Pulau Onrust, Pulau Cipir, dan Pulau Kelor.

9.  Museum Moja

Museum Moja merupakan museum swasta yang didirikan oleh Sharon Lam, terinspirasi dari hal-hal yang unik dan tidak pernah dilihat, yang membuatnya menarik untuk dibuat karya seni. Tempat wisata ini menyediakan banyak sekali spot foto yang instagramable.

10. Museum Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Museum macan merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer yang berasal dari Indonesia dan internasional. Bukan hanya itu, spot foto di museum macan juga sangat unik dan instagramable.
(WAN)

MOST SEARCH