FAMILY

Studi Play Well 2024: Bermain Lego Bantu Anak Perempuan Lebih Kreatif dan Percaya Diri

Yuni Yuli Yanti
Senin 25 Maret 2024 / 10:00
Jakarta: Sebagai bagian dari kampanye Play Unstoppable dari The LEGO Group, telah dilakukan survei terhadap lebih dari 61.500 orang tua dan anak usia 5 hingga 12 tahun di 36 negara termasuk Indonesia dalam Play Well 2024 Research terbarunya. 

Survei ini menemukan bahwa anak perempuan berusia lima tahun sudah mengalami penurunan kepercayaan diri kreatif akibat tekanan untuk mencapai kesempurnaan dan pengaruh bahasa sehari-hari.

Pada usia ini, 76 persen anak merasa percaya diri dalam kreativitas mereka, namun hal ini menurun seiring bertambahnya usia. Sementara, dua pertiga dari semua anak perempuan sering merasa khawatir untuk berbagi ide mereka. Hal ini diperberat oleh beban perfeksionisme dan kecemasan akan membuat kesalahan. 

Bahasa yang mereka dengar pun membuat mereka merasa seolah-olah tidak diperbolehkan untuk bereksperimen dan melakukan kesalahan, atau memperkuat kebutuhan akan kesempurnaan.

Namun, 80 persen mengatakan bahwa mereka akan lebih berani untuk mencoba hal-hal baru jika kesalahan yang diperbuat justru dipuji lebih banyak sebagai peluang untuk belajar, dan mereka merasa terdorong oleh pujian growth-mindset seperti 'imaginatif', 'berani', dan 'menginspirasi'. 


(Testimoni anak-anak perempuan mengenai Play Unstoppable dari LEGO Group. Foto: Dok. Istimewa)

The LEGO® System in Play sangat dihargai oleh anak perempuan sebagai cara untuk bereksperimen. Secara khusus di Indonesia dan dari 643 anak yang disurvei mengungkapkan 96 persen mengatakan bahwa bermain LEGO membantu mereka mengatasi ketakutan akan kesalahan, 97 persen merasa lebih percaya diri dalam keterampilan kreatif mereka, dan 96 persen merasa ini membantu mereka belajar bahwa kemajuan lebih penting daripada kesempurnaan.

"Dalam era yang semakin dipengaruhi oleh AI, kreativitas menjadi kekuatan yang membedakan kita dari yang lain. Bermain dengan LEGO, baik itu dengan kebebasan kreatif maupun mengikuti petunjuk, membantu mengembangkan keterampilan penting yang relevan bagi semua anak di dunia saat ini," ujar Alero Akuya, VP Brand Global di The LEGO Group.

Selain itu, melalui proses membangun dan merakit kembali LEGO bricks, ini membentuk fondasi bagi kepercayaan diri kreatif, keberanian, dan keyakinan diri. 

"Ini adalah kunci, karena ketika anak perempuan memiliki ruang dan kebebasan untuk mengekspresikan diri secara penuh, mereka menjadi tak terhentikan. Mereka menjadi penemu yang gemar bermain, ilmuwan yang penuh dengan rasa ingin tahu, pemimpi dan petualang yang berani, dan itulah yang kita rayakan dengan gerakan Play Unstoppable," tambah Alero. 
 

Bangun kepercayaan diri dengan bermain

Melalui bermain kreatif, The LEGO Group berharap dapat menggali kepercayaan diri kreatif anak perempuan dengan membebaskan mereka dari tekanan untuk menjadi sempurna dan menikmati kebebasan untuk Play Unstoppable. 

Dengan portofolio LEGO play yang lebih luas yang mencakup berbagai minat dan passion, anak perempuan dapat menciptakan dunia-dunia tak terbatas di berbagai tema seperti LEGO Friends, Disney Princess™, Creator, Classic, DREAMZzz™, Harry Potter™, Minecraft®, Gabby's Dollhouse, dan tema Animal Crossing™ yang baru.


(42614 LEGO® Friends Vintage Fashion Store. Foto: Dok. Istimewa)

"Tahun ini, beberapa set baru termasuk 42614 LEGO® Friends Vintage Fashion Store di mana para anak muda dapat bersenang-senang dengan barang-barang pakaian daur ulang sambil belajar tentang keberlanjutan. Dan sebuah 43246 LEGO® Disney Princess™ Market Adventure yang detailnya membuka kemungkinan permainan tak terbatas bagi para penggemar Disney," pungkas Alero. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(yyy)

MOST SEARCH