FAMILY

Alasan Kamu Merasa Lelah saat Menstruasi

Kumara Anggita
Senin 16 November 2020 / 12:58
Jakarta: Beberapa orang merasa lelah saat menstruasi. Menurut sebuah penelitian, perasaan lelah ini memengaruhi hingga 90% perempuan sebelum atau selama menstruasi.

Dikutip dari Insider, hal ini terjadi karena berbagai faktor antara lain:
 

1. Perubahan hormonal


Selama menstruasi, tubuhmu mengalami perubahan kadar hormon yang dapat membuatmu merasa lelah. Selama siklus 28 hari biasa, estrogen meningkat selama dua minggu. Kemudian turun tajam setelah ovulasi, dan tetap rendah selama beberapa minggu sebelum dan selama menstruasi.

"Tingkat estrogen memuncak dan kemudian menurun dengan cepat sebelum dimulainya siklus menstruasi, yang dapat menyebabkan kelelahan dan kelesuan," kata dr. Soma Mandal.

Beberapa perempuan, menurut Mandal, mengalami penurunan neurotransmitter serotonin seiring dengan turunnya tingkat estrogen mereka. Memiliki kadar serotonin yang rendah telah dikaitkan dengan depresi dan kelelahan. Sehingga penurunan kadar serotonin dapat membantu menjelaskan kelelahan saat menstruasi.
 

2. Kehilangan zat besi dan darah asosiatif


Selain itu, kehilangan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kelelahan karena kehilangan zat besi. Jika kamu mengalami perdarahan hebat atau kamu sudah cenderung mengalami penurunan kadar zat besi, ini dapat menyebabkan anemia sementara, suatu kondisi yang disebabkan oleh kekurangan zat besi yang disertai dengan gejala termasuk kelelahan. Haid yang berat didefinisikan sebagai kehilangan darah lebih dari 80 cc per bulan.
 

3. Dehidrasi dan stres


Mandal juga menjelaskan bahwa faktor gaya hidup, termasuk dehidrasi dan stres, juga dapat menyebabkan kelelahan saat haid. Meskipun ini adalah penyebab umum, pastikan kamu tetap terhidrasi dengan baik dan mengurangi stres yang ada. Ini dapat membantu memerangi kelelahan yang muncul.
(FIR)

MOST SEARCH