FAMILY

Psikolog: Sosok Idola Mampu Memotivasi Generasi Muda dalam Meraih Impian

Yuni Yuli Yanti
Senin 31 Oktober 2022 / 07:00
Jakarta: Menurut riset yang dilakukan oleh CLEAR Social Anxiety Study tahun 2020, 85 persen generasi muda saat ini sering membandingkan diri dengan kesuksesan orang lain yang mereka lihat di media sosial. Pasalnya, media sosial jika diakses secara berlebihan akan menimbulkan masalah krisis internalisasi atau citra diri karena kerap kali menampilkan hal-hal yang dianggap ‘sempurna’. 

Selain itu, riset yang sama juga menunjukkan bahwa 55 persen generasi muda sering mendapat kritik negatif dari orang-orang sekitarnya seperti orang tua, keluarga, teman maupun atasan, bahkan sering kali membandingkan prestasi dengan individu lain yang dianggap lebih baik.

"Lewat riset tersebut dapat diartikan bahwa banyaknya tuntutan, stigma, dan tekanan yang didapatkan dari faktor eksternal dapat menyebabkan turunnya tingkat ketangguhan mental seseorang," tutur Yuliana Safriani, Senior Brand Manager CLEAR, PT Unilever Indonesia Tbk. 

Sementara itu, Psikolog, dr. Liza Marielly Djaprie, M.Psi, menambahkan banyak yang berpikiran bahwa ketangguhan mental adalah saat seseorang tidak bisa lelah, tidak bisa bersedih, tidak bisa marah, dan tidak bisa putus asa. Padahal, ketangguhan mental adalah kondisi di mana individu mampu bangkit kembali setelah terjatuh, tapi juga belajar dan berkembang untuk menjadi lebih baik. 

"Salah satu cara untuk memotivasi generasi muda dalam meraih impian mereka, yakni dengan memiliki sosok idola. Namun hal ini juga harus diiringi dengan upaya meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri. Jika kedua hal ini berdampingan, maka generasi muda dapat mengembangkan karakter mereka secara maksimal, menjadi pribadi yang lebih baik dan membuka peluang yang besar untuk mencapai apa yang mereka impikan," jelas Liza. 



Menurut Yuliana, salah satu cara membangun ketangguhan mental pada generasi muda, di antaranya dengan mencari sosok idola yang berpengaruh positif dalam mengarahkan pola pikir, emosi, kreativitas dan perasaan mereka untuk bangkit demi mencapai mimpi mereka. Oleh sebab itu, CLEAR menghadirkan kolaborasi bersama TinyTAN untuk menginspirasi generasi muda dalam meraih kesuksesan dan mencapai versi terbaik mereka.

"Hal ini sejalan dengan komitmen CLEAR untuk mendukung generasi muda untuk #MoveUp dengan menjadi versi terbaik dari diri mereka dan menyingkirkan hal negatif yang menghalangi mereka untuk mencapai kesuksesan dengan maksimal. CLEAR melihat bahwa TinyTAN mampu memberikan efek positif ini," ujar Yuliana. 

Seperti diketahui, koleksi spesial kolaborasi TinyTAN CLEAR menghadirkan delapan kemasan spesial, di antaranya tujuh kemasan botol 160 ml yang menampilkan masing-masing karakter dan satu kemasan botol 660 ml dalam bentuk pump yang menampilkan ketujuh karakter TinyTAN. 

"Melalui kolaborasi bersama TinyTAN, kami berharap dapat memotivasi generasi muda untuk
membangun pribadi yang lebih percaya diri tanpa takut akan tantangan demi mencapai apa yang mereka impikan," tutup Yuliana.
(yyy)

MOST SEARCH