FAMILY

Tips Membuat Sarapan Si Kecil Jadi Lebih Menyenangkan

Intan Yunelia
Senin 15 Juni 2020 / 08:19

Jakarta: Sarapan menjadi rutinitas yang seringkali dilewatkan di pagi hari. Akibatnya, tubuh menjadi cepat letih dan lesu saat beraktivitas di siang hari. 

Dilansir dari Asiaone, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang meninggalkan rumah tanpa sarapan lebih cenderung terganggu di sekolah. Sarapan sederhana dengan sepotong roti gandum pun dapat meningkatkan kemampuan belajar anak dan mencegah penyakit kronis saat dewasa nanti. 

Dr Ruth Chan asisten profesor penelitian di Departemen Kedokteran dan Terapi di The Chinese University, Hongkong setuju akan hal tersebut. Tetapi tak kalah penting adalah dengan menekankan asupan makanan yang dikonsumsi. 

"Campuran karbohidrat kompleks, protein dan serat diperlukan untuk membantu memenuhi permintaan tubuh di siang hari," ujarnya.

Nah, berikut ini beberapa tips membuat menu makanan agar sarapan si kecil terasa lebih menyenangkan: 

1. Sarapan berprotein 

Mengisi protein adalah pilihan populer di kalangan ahli gizi sebagai sarapan sehat untuk anak-anak.

Dr Han Wee Meng, Kepala dan Ahli Diet Utama dari Departemen Nutrisi dan Diet di Rumah Sakit Wanita dan Anak-Anak KK, mengatakan bahwa makanan tinggi protein menyumbang sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kekebalan, tanpa gula tinggi.

"Anak-anak harus makan sarapan yang membuat mereka tetap waspada, tetapi tidak ramai," ujarnya.

Cobalah telur rebus lunak dengan segelas susu hangat adalah kombinasi sempurna. Yoghurt dan telur juga baik, atau smoothie kaya protein yang terbuat dari oatmeal mentah, stroberi, yoghurt, dan susu.

2. Sarapan rendah gula

Otak anak membutuhkan pasokan karbohidrat yang stabil, tetapi sebagian besar makanan olahan seperti roti putih mengandung terlalu banyak gula.

Menurut Yayasan Indeks Glikemik (GI) di Australia, pasokan glukosa yang stabil diperlukan untuk fungsi otak yang optimal.

"Sepertiga dari kebutuhan glukosa harian tubuh kita digunakan oleh otak," jelas Dr Alan Barclay, kepala petugas ilmiah di GI Foundation.

Mengingat bahwa GI mengukur kenaikan kadar gula darah setelah makan, diet rendah gula jauh lebih baik untuk mengendalikan nafsu makan dari pagi hingga makan berikutnya.

"Penelitian terbaru menegaskan bahwa anak-anak yang sarapan rendah GI mampu melakukan tugas-tugas kognitif yang lebih sulit," tambahnya.

Penelitian lebih lanjut dari Departemen Pediatri, Universitas Milan di Italia, membuktikan teori ini dengan sarapan manis dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi, serta memicu selera makan camilan di siang hari.

Cobalah kacang panggang pada roti rendah gula, roti gandum dengan telur atau gandum yang dimasak dalam susu.

embed

(Mayoritas anak-anak sangat menyukai telur. Cobalah telur rebus lunak dengan segelas susu hangat adalah untuk kombinasi menu sarapan yang sempurna. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

3. Hindari makanan cepat saji dan gula

Sereal sarapan olahan dan makanan yang digoreng merupakan penyebab utama obesitas, kata ahli diet Letty Shiu dari Divisi Kesehatan Pemuda Dewan Promosi Kesehatan.

Makanan tersebut rendah serat, protein dan penuh dengan pemanis buatan dan lemak. Ini bukan sarapan sehat untuk anak. 

Karbohidrat dalam makanan ini diserap lebih cepat di perut, sehinga membuat anak cepat lapar. Plus, sebagian besar junk food juga tinggi gula dan dapat meningkatkan selera makannya di kemudian hari.

Daripada membeli campuran panekuk siap pakai di pagi hari, buat campuran panekuk kering sendiri. Cukup tambahkan susu dan telur di pagi hari untuk santapan cepat dan mudah.

4. Makan dan langsung berangkat

Jika kamu terburu-buru, sarapan saat bepergian juga tetap membuat anak tetap fokus selama jam sekolah. Dengan kari buatan sendiri yang enak dan mudah maka paket kecil ini dapat mengisi perut keroncongan dalam perjalanan ke sekolah. 

Isi dapat berupa apa saja, mulai dari daging cincang dengan kentang, telur orak dan ham, hingga rasa Mediterania dari keju feta dan bayam.

5. Jadilah koki yang cerdik

Dengan lebih dari 25 persen nutrisi yang dikonsumsi di pagi hari, kamu harus menyisipkan segenggam kismis ke dalam mangkuk anak-anak untuk memenuhi kebutuhan harian mereka.

Buah-buahan memiliki banyak serat, vitamin dan mineral yang biasanya tidak dimasukkan dalam diet anak-anak.

"Sertakan pisang, apel, pepaya dan prem, dengan campuran karbohidrat kompleks. Penambahan karbohidrat kompleks seperti roti gandum meningkatkan rasa kenyang dan juga membuat Anda lebih kenyang lebih lama," kata Dr Chan.

6. Jadikan sarapan yang menyenangkan

Daripada menyalakan TV dan mengalihkan perhatian anak dari makan, buatlah sarapan menjadi hiburan di pagi hari.

Buat sarapan dengan paduan seni di makanannya atau beri dia kejutan untuk makan lebih banyak makanan super berwarna, yang penuh dengan nutrisi. Juga, buat tema sarapan yang sesuai dengan minatnya dan apa yang sedang dipelajari di sekolah. 

Gunakan buah-buahan kering dan sayuran segar lainnya untuk membuat wajah-wajah lucu, atau gunakan mangkuk yang menarik untuk menangkap imajinasi mereka.

embed

(Dr Chan menganjurkan untuk menyertakan pisang, apel, pepaya dan prem, dengan campuran karbohidrat kompleks. Penambahan karbohidrat kompleks seperti roti gandum meningkatkan rasa kenyang. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

7. Daur ulang sisa makanan

Tidak salah memanaskan kembali sarapan dari sisa makan malam. Secangkir nasi ekstra yang disimpan di lemari es dari makanan semalam dapat dengan mudah menjadi nasi goreng telur dan daun bawang.

Sup, semur, dan casserole juga bagus untuk membuat anak makan lebih banyak sayuran yang penuh nutrisi seperti zat besi, magnesium, dan serat.

Jika anak-anak suka makan dengan tangan mereka, panaskan sisa nasi dalam microwave selama 30 detik sebelum dicetak menjadi karakter kartun favoritnya untuk brekkie gaya Jepang.

8. Lebih banyak lemak baik

Kamu tentu tahu manfaat makan lemak baik untuk membantu meningkatkan kolesterol. Namun, anak-anak juga harus makan lebih banyak ikan untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar mereka.

Penelitian menunjukkan diet yang kaya lemak omega-3, seperti yang ditemukan pada salmon meningkatkan koordinasi tangan-mata.

Cobalah bola nasi yang terinspirasi Jepang dengan salmon panggang, serta salmon yang hancur dari makanan semalam ke dalam telur dadar. Ini semua bisa disiapkan malam sebelumnya.

Selamat mencoba!


(yyy)

MOST SEARCH