FAMILY

4 Tips Beli Mainan Anak

Yatin Suleha
Jumat 13 November 2020 / 12:57
Jakarta: Apa pun yang terbaik bagi si kecil, pasti orang tua lakukan. Termasuk juga dalam hal membeli mainan. Sebelum membeli mainan si kecil, jangan tergoda dulu dengan diskon. 

Sebelum kamu membeli sebuah mainan untuk si kecil, periksalah apakah mainan itu sesuai bagi usia si kecil, dan apakah cukup aman baginya.

Berikut ini adalah tips sebelum membeli mainan dari Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, MA, Ph.D, yang merupakan seorang psychoanalyst, graphologist, sexologist, serta marriage & family therapist.
 

1. Label usia


Perhatikan betul-betul label “recommeded age” sebagai pedoman. Biasanya berupa angka yang ditulis besar dan tebal, seperti “3+” yang artinya cocok untuk anak berumur tiga tahun atau lebih. 

Itu juga berarti, tidak cocok dan bisa berbahaya untuk anak-anak yang umurnya belum tiga tahun. Mainan yang belum cocok usianya bisa jadi tertelan pada anak yang masih suka mengisap jari atau mainan.
 

2. Hindari mainan yang runcing


Hindari mainan apa saja yang ujung-ujung tajam, runcing dan lancip. 
 

3. Periksa bahan mainan


Jika membeli boneka (manusia, hewan), periksalah mata, hidung, ekor, kaki dan tangannya. Apakah ada bagian yang kasar dan keras? Apakah cukup kencang sehingga tidak bisa ditarik lepas oleh anak-anak.
 

4. Periksa detail bagian mainan


Jika membeli mainan yang ukurannya agak besar, pastikan pula bahwa bagian-bagiannya tidak berukuran terlalu kecil misalnya roda-roda mobil.
(TIN)

MOST SEARCH