FAMILY

Warisan Terbaik Ratu Elizabeth II untuk Seluruh Masyarakat di Dunia

Medcom
Sabtu 10 September 2022 / 16:43
Jakarta: Baru saja dunia dikejutkan dengan kabar duka cita atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis siang, tanggal 8 September 2022, Istana Balmoral, Britania Raya. Sang Ratu naik takhta pada 1952 dan menyaksikan perubahan sosial yang sangat besar.

Putranya, Raja Charles III mengatakan bahwa, kematian ibu tercintanya adalah kesedihan yang luar biasa bagi dia dan keluarga, kehilangannya juga akan sangat terasa di seluruh dunia.

Pada usia Ratu ke 25 tahun, Raja George VI wafat. Alhasil Putri Elizabeth secara resmi menyatakan dirinya sebagai Ratu dan Kepala Persemakmuran.

Ratu Elizabeth II memiliki masa jabatan terlama sepanjang sejarah monarki Inggris, yakni 70 tahun. Sepanjang masa jabatannya ada banyak perubahan baik yang dialami warga Inggris, berikut di antaranya:
 

1. Sukses dalam memimpin negara


Masyarakat Inggris mengatakan Ratu Elizabeth II berperan penting dalam membantu monarki untuk bertahan hidup di Inggris, ketika institusi tersebut telah ditinggalkan banyak negara di seluruh dunia. Namun, dedikasinya yang tidak mencolok, Ratu datang untuk mempersonifikasikan Inggris di mata dunia.

"Apa yang berhasil dilakukan sang Ratu adalah membawa monarki Inggris ke abad 21 sebaik mungkin" kata cucu sang ratu, Pangeran William, dalam film dokumenter 2012.
 

2. Berbaur dengan masyarakat


Pada awal masa jabatannya, Ratu Elizabeth II sangat dilindungi. Umumnya kita hanya bisa  melihat keluarga kerajaan dari jauh atau dari dalam media saja. Namun, pada 1970 semua itu berubah, Ratu mulai berjalan didekat masyarakat, bersalaman, hingga berbincang sekilas dengan rakyat. Hal ini menjadi tradisi baru di kerjaan Inggris.
 

3. Etos kerja yang tak kenal lelah


Ratu Elizabeth II tidak pernah lepas dari tanggung jawabnya sebagai pemimpin, walaupun di masa jabatannya banyak negara mengalami masa-masa kritis sosial yang berpengaruh terhadap sistem monarki Inggris. Di antaranya perang dingin, dimulainya teknologi dan internet, era modern, dan pembubaran Uni Soviet.

Mantan Presiden A.S, Barack Obama, mengatakan Ratu telah 'memikat dunia' dengan takhta yang memperlihatkan keagungan, elegan, dan etos kerja yang tak kenal lelah.

Pernyataan di atas adalah beberapa perubahan baik yang dapat kita terapkan dalam kehidupan, serta jadikan sisi positif Ratu Elizabeth II sebagai motivasi untuk terus melangkah ke depan. Sebagai orang yang konsisten dan tidak mudah menyerah, Ratu Elizabeth II selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada negara, walaupun keadaan dunia sedang tidak bersahabat.

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH