End Google Analytics -->
EXTERIOR

7 Cara Merawat Tanaman di Musim Hujan

Medcom
Kamis 29 Desember 2022 / 20:14
Jakarta: Karena suhu dan kelembapan yang rendah, musim hujan adalah waktu yang tepat untuk menanam. Musim hujan menawarkan kesempatan untuk akar tumbuh. 

Namun perlu diketahui, jika tanaman hias kamu berada di outdoor pada saat musim penghujan, maka bersiaplah untuk menerima konsekuensinya. Tanaman mekar dengan baik dan menambahkan tampilan yang subur tetapi sering kali, mereka dapat terkena infeksi di musim hujan.

Makanya, saat musim hujan kamu perlu memberikan upaya yang setara untuk mempercantik tanaman. Jadi, berikut adalah beberapa petunjuk yang akan membantumu merawat tanaman di musim hujan:
 

1. Pangkas tanaman sebelum musim hujan


Pemangkasan mengurangi masalah penyakit, meningkatkan estetika, serta hasil pertanian. Pemangkasan juga membentuk, meremajakan, dan mencegah serangga sekaligus menghilangkan potensi kerusakan.
 

2. Jangan menyirami tanaman secara berlebihan


Kelembapan pada musim hujan cenderung lebih tinggi dari biasanya. Jangan terlalu sering menyirami tanaman karena penyiraman yang berlebihan dapat memengaruhi kesuburan tanah dan tanaman mungkin tidak akan bertahan lama.


(Perhatikan drainase dari pot bunga agar air dapat merembes keluar dari pot. Foto: Ilustrasi/Dok. Unsplash.com)
 

3. Pastikan pot memiliki sistem drainase yang baik


Setelah penyiraman, lubang drainase memungkinkan kelebihan air merembes keluar dari pot, mencegah air menggenang di dasar pot dan melindungi akar sensitif dari pembusukan, jamur, dan bakteri.
 

4. Isi pot sepenuhnya


Saat membuat media tanam, tambahkan dua bagian tanah dan satu bagian kotoran sapi yang memenuhi seluruh pot. Ini akan mencegah air tersumbat di bagian atas. Jika pot terisi sebagian, pastikan drainase terbuka untuk mengeluarkan air ekstra.
 

5. Pastikan ventilasi baik


Ventilasi yang tepat memungkinkan udara lembap dan panas diganti dengan udara yang kering dan lebih dingin untuk mempertahankan tingkat kelembapan yang ideal. Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dari udara untuk metabolisme energi dalam proses fotosintesis, seperti yang kita ketahui bersama. Oksigen adalah salah satu produk sampingan dari proses ini.
 

6. Periksa tanaman apakah ada infeksi


Pertumbuhan kerdil yang disebabkan oleh kutu putih, bercak pada daun yang disebabkan oleh jamur bintik hitam mawar, dan pembusukan yang disebabkan oleh jamur. Ini hanyalah beberapa tanda bahwa tanaman kamu terinfeksi.
 

7. Gunakan fungisida


Serangan jamur sering terjadi selama musim hujan. Untuk menghindarinya, gunakan fungisida setiap 10-15 hari sekali. Minyak mimba adalah salah satu fungisida organik paling efektif yang tersedia. Semprotkan di atas daun.



Nandhita Nur Fadjriah

(TIN)

MOST SEARCH