EXTERIOR

5 Tanaman Hias Rumah dengan Harga Melambung

Mia Vale
Senin 20 Desember 2021 / 08:00
Jakarta: Mempunyai tanaman hias bukan lagi sekadar mempercantik dekorasi hunian. Namun, meletakkan tanaman hias di rumah sudah menjadi kebutuhan tersendiri yang bisa meningkatkan gengsi.

Bahkan bagi beberapa orang, harga tak masalah, asalkan tanaman yang dimiliki menarik, lagi tren, dan mempunyai nilai jual yang tinggi pula. 

Perlu kamu tahu, harga tanaman hias sekarang ini bisa mencapai ratusan bahkan jutaan Rupiah. Namun, apa alasannya tanaman-tanaman hias ini memiliki harga selangit? Faktor-faktor seperti kelangkaan, keindahan, pembiakan, dan perbanyakan, semuanya berpotensi dalam penentuan harga. 

Keinginan untuk memiliki spesies langka dan menarik juga menjadi faktor mahalnya harga houseplant tersebut. Nah, sebagaimana yang telah dilansir dari laman The Spruce, berikut tanaman hias yang menjadi idola, walaupun harga melambung.


tanaman hias harga mahal
(Variegated monstera. Foto: Dok. Thursd)
 

1. Variegated monstera


Monstera beraneka ragam atau 'tanaman keju Swiss', seperti M. deliciosa dapat dijual hingga jutaan Rupiah. Monstrea juga diminati oleh begitu banyak orang dari berbagai belahan dunia. 

Monstera yang beraneka ragam saat ini adalah salah satu tanaman paling populer. Namun, tingkat perbanyakan tanaman yang lambat membuatnya sangat langka. Ditampilkan oleh influencer media sosial yang tak terhitung jumlahnya, blogger tanaman, dan vloggers, tanaman ini hadir dalam berbagai bentuk dan corak. 


tanaman hias harga mahal
(Philodendron birkin. Foto: Dok. Fast growing trees)
 

2. Philodendron birkin


Tanaman hias ini sangat banyak peminatnya. karena, memiliki bentuk dan corak daun yang begitu menggoda mata. Tampilan daun philodendron birkin didominasi oleh warna hijau yang diisi dengan corak garis berwarna putih kekuningan. 

Ketika usia philodendron birkin semakin tua, maka warna putih pada daunnya juga akan semakin meluas. Untuk harganya, philodendron birkin memiliki banderol di antara Rp500 ribu hingga Rp2 juta.


tanaman hias harga mahal
(Mature fiddle leaf fig tree. Foto: Dok. Plantify)
 

3. Mature fiddle leaf fig tree 


Mampu tumbuh hampir 50 kaki (152 cm) di hutan hujan tropis, ara daun biola (ficus lyrata) tumbuh hingga 10 kaki (304,8 cm) dalam kondisi dalam ruangan yang tepat. Dedaunannya yang berani disukai oleh banyak desainer interior, dan telah menjadi tanaman mahal dalam dekade terakhir. 

Permintaan telah mendorong harga naik. Meskipun mungkin lebih mudah bagi seorang profesional untuk menumbuhkan ara daun biola yang begitu besar, memilikinya akan menjadi tantangan kecuali kamu mengetahui cara merawatnya. Pertimbangkan untuk membeli pelembap udara untuk tambahan baru ini pada interior rumah.


tanaman hias harga mahal
(Shenzhen nongke orchid. Foto: Dok. Treehugger)
 

4. Shenzhen nongke orchid


Anggrek Nongke Shenzhen benar-benar buatan manusia. Selama delapan tahun, para ilmuwan bekerja dengan susah payah untuk membudidayakan bunga ini. Para pecinta tanaman kini memiliki tingkat kesabaran yang sama saat menanam anggrek ini, karena dibutuhkan waktu antara empat hingga lima tahun untuk mekar. Bunga mekar, setidaknya, memesona indra dengan estetika dan aroma tertentu, yang akan dialami oleh beberapa orang. 


tanaman hias harga mahal
(Aglonema pictum tricolor. Foto: Dok. Shopee)
 

5. Aglonema pictum tricolor


Tanaman aglonema pictum tricolor sangat diminati, karena memiliki corak daun yang sangat cantik.Tampilan daun aglonema jenis ini terdiri dari perpaduan warna hijau tua, hijau muda, dan gradasi putih yang sangat menawan serta menggoda mata. Untuk harga aglonema pictum tricolor ini berkisar antara Rp300.000 hingga mencapai Rp1,5 juta.
(TIN)

MOST SEARCH