COMMUNITY
Jelang HUT Jakarta, Ratusan Mal dan UMKM Lokal Bakal Ramaikan FJGS 2025
Yuni Yuli Yanti
Selasa 27 Mei 2025 / 16:22
Jakarta: Dalam rangka menyambut HUT DKI ke-489 dan Jakarta menuju usia 5 abad di tahun 2027, Festival Jakarta Great Sale (FJGS) kembali digelar pada 10 Juni - 10 Juli 2025.
Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jaya ini akan diikuti oleh 100 (mal) pusat perbelanjaan dari seluruh wilayah Jakarta.
Mengusung tema "The Ultimate Destination For Shopping", acara belanja terbesar di Jakarta ini juga melibatkan ratusan pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta, Elisabeth Rante Ratu Allo mengatakan kegiatan yang berlangsung di 100 mal ini akan melibatkan ratusan UMKM.
"Dari APPBI sudah menawarkan, menyiapkan kalau tidak salah kurang lebih 17 mal bisa dikolaborasikan. Dengan satu mal melibatkan sekitar 20 UMKM, jadi kurang lebih sudah 400 UMKM yang bisa dilibatkan," ujar Ratu dalam konferensi pers FJGS 2025, Senin (26/5/2025) di The Park Pejaten, Jakarta.
Kegiatan ini, menurut Ratu dilakukan dalam mewadahi UMKM yang ada di Jakarta. Tujuannya agar penghasilan dapat meningkat dengan adanya kegiatan FGJS 2025 yang berlangsung di 100 mal anggota APPBI Jakarta.

(Mualim Wijoyo dan Elisabeth Rante Ratu Allo dalam diskusi FJGS 2025 di The Park Pejaten. Foto: Dok. Istimewa)
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana FJGS 2025, Mualim Wijoyo, mengungkapkan FJGS 2025, membidik transaksi ritel sebesar Rp15,5 triliun, atau naik lebih kurang 10 persen dari tahun lalu (tahun 2024) sebesar Rp14 triliun.
"Di tengah penurunan daya beli masyarakat, kami optimis untuk mencapai target dalam waktu empat minggu penyelenggaraan, yang berlangsung mulai 10 Juni hingga 10 Juli 2025. Pasalnya, animo Masyarakat tetap tinggi berbelanja di Mal karena sejumlah diskon yang diberikan hingga 70 persen dari Ritel yang tergabung dalam Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO)," jelas Mualim.
Selain aspek belanja, Mualim menyampaikan bahwa FJGS 2025 juga mengangkat nilai-nilai budaya tradisional Betawi untuk memperkuat pesan dari perayaan ini.
"Kami ingin mengukuhkan kota Jakarta sebagai destinasi belanja dan memperlihatkan Jakarta sebagai pusat ekonomi dan budaya Indonesia serta sebagai kota global yang bersaing dengan negara-negara lain," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(yyy)
Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jaya ini akan diikuti oleh 100 (mal) pusat perbelanjaan dari seluruh wilayah Jakarta.
Mengusung tema "The Ultimate Destination For Shopping", acara belanja terbesar di Jakarta ini juga melibatkan ratusan pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta, Elisabeth Rante Ratu Allo mengatakan kegiatan yang berlangsung di 100 mal ini akan melibatkan ratusan UMKM.
"Dari APPBI sudah menawarkan, menyiapkan kalau tidak salah kurang lebih 17 mal bisa dikolaborasikan. Dengan satu mal melibatkan sekitar 20 UMKM, jadi kurang lebih sudah 400 UMKM yang bisa dilibatkan," ujar Ratu dalam konferensi pers FJGS 2025, Senin (26/5/2025) di The Park Pejaten, Jakarta.
Kegiatan ini, menurut Ratu dilakukan dalam mewadahi UMKM yang ada di Jakarta. Tujuannya agar penghasilan dapat meningkat dengan adanya kegiatan FGJS 2025 yang berlangsung di 100 mal anggota APPBI Jakarta.

(Mualim Wijoyo dan Elisabeth Rante Ratu Allo dalam diskusi FJGS 2025 di The Park Pejaten. Foto: Dok. Istimewa)
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana FJGS 2025, Mualim Wijoyo, mengungkapkan FJGS 2025, membidik transaksi ritel sebesar Rp15,5 triliun, atau naik lebih kurang 10 persen dari tahun lalu (tahun 2024) sebesar Rp14 triliun.
"Di tengah penurunan daya beli masyarakat, kami optimis untuk mencapai target dalam waktu empat minggu penyelenggaraan, yang berlangsung mulai 10 Juni hingga 10 Juli 2025. Pasalnya, animo Masyarakat tetap tinggi berbelanja di Mal karena sejumlah diskon yang diberikan hingga 70 persen dari Ritel yang tergabung dalam Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO)," jelas Mualim.
Selain aspek belanja, Mualim menyampaikan bahwa FJGS 2025 juga mengangkat nilai-nilai budaya tradisional Betawi untuk memperkuat pesan dari perayaan ini.
"Kami ingin mengukuhkan kota Jakarta sebagai destinasi belanja dan memperlihatkan Jakarta sebagai pusat ekonomi dan budaya Indonesia serta sebagai kota global yang bersaing dengan negara-negara lain," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(yyy)