COMMUNITY
'House of Flavour', Ruang Kreatif untuk Inovasi, Budaya dan Menjaga Lingkungan
Medcom
Senin 03 November 2025 / 08:35
Jakarta: Dalam ajang IdeaFest 2025 yang berlangsung 31 Oktober hingga 2 November 2025, di Jakarta International Convention Center (JICC), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) hadir membawa konsep Rumah Indofood “House of Flavour”.
Dengan beragam aktivitas seru, yang didesain untuk mengasah kreativitas para pengunjung, House of Flavour mengadakan permainan “Kulak – Kulik” bersama Indomie, Pop Mie, Indomilk dan Chitato Lite, kompetisi digital berhadiah “Rumah Indofood Photo Hunt”, merchandise eksklusif Rumah Indofood, hingga keseruan Photo Polaroid di stan Rumah Indofood.
Selain itu, empat brand Indofood yaitu Indomie, Pop Mie, Indomilk dan Chitato Lite juga mengajak para pengujung muda berbagi ide kreatif dan inovatif dalam sesi IdeaTalks yang inspiratif.
"Kehadiran Indofood melalui empat brand unggulannya yaitu Indomie, Pop Mie, Chitato Lite dan Indomilk merupakan wujud nyata dukungan perusahaan terhadap semangat kreativitas, kolaborasi, dan keberlanjutan yang menjadi ciri khas generasi muda masa kini," ujar Fierman Authar, Head of Consumer Engagement Marketing Indofood.
Bagi Indofood, IdeaFest tidak hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan produk, tetapi juga ruang interaktif untuk menumbuhkan nilai positif melalui inovasi, budaya, dan aksi nyata terhadap lingkungan.
"Indofood ingin menghadirkan pengalaman yang inspiratif bagi generasi muda untuk terus berinovasi dalam menciptakan karya tetapi juga dalam menumbuhkan nilai keberlanjutan dan kebersamaan melalui beragam kolaborasi," jelas Fierman.

(20 'Rekomentor’ sebagai tim edukator yang akan berinteraksi langsung dengan para pengunjung untuk memberikan edukasi sekaligus inspirasi seputar langkah kecil pengelolaan sampah yang benar, seperti pemilahan dan pendaur-ulangan berbagai jenis material sampah. Foto: Dok. Istimewa)
Lewat kolaborasi ini, Indofood mendukung Rekosistem untuk mengelola seluruh sampah acara (event waste) selama pelaksanaan festival secara bertanggung jawab sesuai dengan prinsip daur ulang untuk ekonomi sirkular.
"IdeaFest menjadi momentum baik untuk membangun sinergi dan kolaborasi yang positif. Kami berharap, lewat initiatif dan berbagai edukasi seputar pengelolalan sampah dan lingkungan selama acara ini, kita bisa terus menginspirasikan kebaikan yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan, termasuk membangun langkah kecil untuk budaya mengelola sampah yang benar dan bertanggung jawab, utamanya bagi generasi
muda Indonesia," tambah Stefanus Indrayana, Head of Corporate Public Relations Indofood.
Melalui kolaborasi Indofood bersama Rekosistem, pengumpulan sampah selama tiga hari pelaksaan IdeaFest 2025 akan dilakukan dengan menyediakan 13 titik pengumpulan sampah (waste bin) yang tersebar di seluruh area acara, satu area pembuangan sementara, dan dukungan petugas kebersihan yang dikoordinasikan bersama pihak pengelola venue festival.
Seluruh sampah terkumpul kemudian akan dibawa dan dikelola melalui Rekosistem Waste Hub, mulai dari pemilahan hingga penyaluran kepada para mitra daur ulang sesuai dengan jenis materialnya.
Ernest C. Layman, Chief Executive Officer Rekosistem, menyampaikan antusiasnya berkolaborasi dengan Indofood. Kerja sama ini merupakan salah satu wujud nyata dari Indofood dalam memastikan pelaksanaan acara memiliki dampak seminim mungkin terhadap lingkungan dengan menerapkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.
"Semoga berbagai inisiatif yang kita lakukan selama IdeaFest 2025 ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk semakin mempopulerkan dan mendorong masyarakat untuk lebih terbiasa mengelola sampah dengan bertanggung jawab dimulai dari pemilahan sampah yang efektif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan persentase pemulihan sampah yang dapat dikelola secara bertanggung jawab, demi Indonesia yang lebih bersih," tutur Ernest.
Berkaca dari pelaksanaan IdeaFest di tahun tahun sebelumnya, diperkirakan total timbulan sampah acara yang akan dikelola selama festival berlangsung dapat mencapai 700kg lebih, dengan potensi pemberian edukasi tentang pentingnya praktik reduce, reuse, dan recycle kepada lebih dari 45.000 pengunjung.
Untuk memastikan pengukuran dan pelaporan yang transparan, tim Rekosistem akan melakukan pendataan jumlah timbulan sampah yang terkumpul dan terkelola selama tiga hari pelaksanaan IdeaFest 2025 dalam sistem monitoring dan pelaporan dashboard digital yang terintegrasi.
"Sebagai perusahaan dengan visi Total Food Solutions, Indofood akan terus mendorong hadirnya sinergi positif untuk kebaikan yang berkelanjutan. Kami berharap, lewat kolaborasi kreatif dan berbagai edukasi yang dikemas dengan seru dan relevan, kami dapat ikut mendukung terwujudnya tema besar IdeaFest 2025, yakni untuk menginspirasikan terciptanya transformasi gaya hidup dan budaya baik untuk lingkungan kita bersama," tutup Indrayana.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)
Dengan beragam aktivitas seru, yang didesain untuk mengasah kreativitas para pengunjung, House of Flavour mengadakan permainan “Kulak – Kulik” bersama Indomie, Pop Mie, Indomilk dan Chitato Lite, kompetisi digital berhadiah “Rumah Indofood Photo Hunt”, merchandise eksklusif Rumah Indofood, hingga keseruan Photo Polaroid di stan Rumah Indofood.
Selain itu, empat brand Indofood yaitu Indomie, Pop Mie, Indomilk dan Chitato Lite juga mengajak para pengujung muda berbagi ide kreatif dan inovatif dalam sesi IdeaTalks yang inspiratif.
"Kehadiran Indofood melalui empat brand unggulannya yaitu Indomie, Pop Mie, Chitato Lite dan Indomilk merupakan wujud nyata dukungan perusahaan terhadap semangat kreativitas, kolaborasi, dan keberlanjutan yang menjadi ciri khas generasi muda masa kini," ujar Fierman Authar, Head of Consumer Engagement Marketing Indofood.
Bagi Indofood, IdeaFest tidak hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan produk, tetapi juga ruang interaktif untuk menumbuhkan nilai positif melalui inovasi, budaya, dan aksi nyata terhadap lingkungan.
"Indofood ingin menghadirkan pengalaman yang inspiratif bagi generasi muda untuk terus berinovasi dalam menciptakan karya tetapi juga dalam menumbuhkan nilai keberlanjutan dan kebersamaan melalui beragam kolaborasi," jelas Fierman.

(20 'Rekomentor’ sebagai tim edukator yang akan berinteraksi langsung dengan para pengunjung untuk memberikan edukasi sekaligus inspirasi seputar langkah kecil pengelolaan sampah yang benar, seperti pemilahan dan pendaur-ulangan berbagai jenis material sampah. Foto: Dok. Istimewa)
Kolaborasi Indofood untuk Kelestarian Lingkungan
Sejalan dengan semangat untuk terus tumbuh menghadirkan kebaikan, pada IdeaFest 2025 ini, Indofood juga memperkuat partisipasinya dengan berkolaborasi bersama Rekosistem untuk mengimplementasikan inisiatif hijau.Lewat kolaborasi ini, Indofood mendukung Rekosistem untuk mengelola seluruh sampah acara (event waste) selama pelaksanaan festival secara bertanggung jawab sesuai dengan prinsip daur ulang untuk ekonomi sirkular.
"IdeaFest menjadi momentum baik untuk membangun sinergi dan kolaborasi yang positif. Kami berharap, lewat initiatif dan berbagai edukasi seputar pengelolalan sampah dan lingkungan selama acara ini, kita bisa terus menginspirasikan kebaikan yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan, termasuk membangun langkah kecil untuk budaya mengelola sampah yang benar dan bertanggung jawab, utamanya bagi generasi
muda Indonesia," tambah Stefanus Indrayana, Head of Corporate Public Relations Indofood.
Melalui kolaborasi Indofood bersama Rekosistem, pengumpulan sampah selama tiga hari pelaksaan IdeaFest 2025 akan dilakukan dengan menyediakan 13 titik pengumpulan sampah (waste bin) yang tersebar di seluruh area acara, satu area pembuangan sementara, dan dukungan petugas kebersihan yang dikoordinasikan bersama pihak pengelola venue festival.
Seluruh sampah terkumpul kemudian akan dibawa dan dikelola melalui Rekosistem Waste Hub, mulai dari pemilahan hingga penyaluran kepada para mitra daur ulang sesuai dengan jenis materialnya.
Ernest C. Layman, Chief Executive Officer Rekosistem, menyampaikan antusiasnya berkolaborasi dengan Indofood. Kerja sama ini merupakan salah satu wujud nyata dari Indofood dalam memastikan pelaksanaan acara memiliki dampak seminim mungkin terhadap lingkungan dengan menerapkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.
"Semoga berbagai inisiatif yang kita lakukan selama IdeaFest 2025 ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk semakin mempopulerkan dan mendorong masyarakat untuk lebih terbiasa mengelola sampah dengan bertanggung jawab dimulai dari pemilahan sampah yang efektif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan persentase pemulihan sampah yang dapat dikelola secara bertanggung jawab, demi Indonesia yang lebih bersih," tutur Ernest.
Berkaca dari pelaksanaan IdeaFest di tahun tahun sebelumnya, diperkirakan total timbulan sampah acara yang akan dikelola selama festival berlangsung dapat mencapai 700kg lebih, dengan potensi pemberian edukasi tentang pentingnya praktik reduce, reuse, dan recycle kepada lebih dari 45.000 pengunjung.
Untuk memastikan pengukuran dan pelaporan yang transparan, tim Rekosistem akan melakukan pendataan jumlah timbulan sampah yang terkumpul dan terkelola selama tiga hari pelaksanaan IdeaFest 2025 dalam sistem monitoring dan pelaporan dashboard digital yang terintegrasi.
"Sebagai perusahaan dengan visi Total Food Solutions, Indofood akan terus mendorong hadirnya sinergi positif untuk kebaikan yang berkelanjutan. Kami berharap, lewat kolaborasi kreatif dan berbagai edukasi yang dikemas dengan seru dan relevan, kami dapat ikut mendukung terwujudnya tema besar IdeaFest 2025, yakni untuk menginspirasikan terciptanya transformasi gaya hidup dan budaya baik untuk lingkungan kita bersama," tutup Indrayana.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)