COMMUNITY

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Adopsi Kucing di Rumah

Raka Lestari
Senin 22 November 2021 / 18:50
Jakarta: Salah satu hal yang mungkin dilakukan jika kamu seorang pencinta kucing adalah mengadopsi kucing untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. 

Beberapa orang memang lebih memilih untuk mengadopsi dibandingkan membeli kucing. Salah satu alasan mengapa seseorang mengadopsi kucing adalah karena masih banyaknya kucing yang tinggal secara liar dan butuh perawatan.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengadopsi kucing di rumah, menurut Battersea Cats & Dogs Home:
 

1. Apakah rumahmu sudah ideal?


Banyak kucing perlu akses rutin ke luar ruangan agar mereka tetap bahagia dan sehat. Selain itu kucing juga membutuhkan ruangan pribadi atau suatu tempat untuk menenangkan diri ketika mereka merasa gelisah atau lelah. Pastikan rumahmu sudah dalam keadaan ideal dan sesuai dengan kebutuhan kucing sebelum kamu mengadopsinya.
 

2. Apakah keuanganmu dapat mencukupi kebutuhan kucing?


Memiliki hewan peliharaan bukanlah hal yang main-main, dan keuanganmu juga pasti akan berpengaruh. Pastikan bahwa kamu memang sudah mempersiapkannya. Mulai dari membelikannya makanan, mainan, dan perawatan rutin lainnya merupakan hal yang diperlukan kucing. Dan kamu perlu memastikan hal tersebut sebelum mengadposi kucing.


cara mengadopsi kucing
(Pertimbangkan dahulu sebelum kamu mengadopsi kucing, jika kamu masih banyak tugas meninggalkan rumah kosong hingga beberapa hari kamu perlu memikirkannya lagi karena kucingmu butuh perhatian dan asupan makanan serta minuman. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
 

3. Apakah mereka akan memberikan perubahan besar pada hidupmu?


Kucing memerlukan waktu untuk sesuatu hal yang baru, seperti terbiasa dengan suasana dan lingkungan yang baru. Kucing membutuhkan waktu untuk merasa nyaman di rumah baru dan familier terhadap anggota keluarga baru mereka. 

Jika kamu memiliki prioritas lain seperti berlibur atau pindah ke rumah baru, sebaiknya tunggu sampai semuanya aman sebelum membawa kucing ke rumah.
 

4. Apakah ada anak-anak di rumah?


Banyak kucing yang suka bermain dengan anak-anak, namun jika kamu sudah memiliki anak sebaiknya usahakan untuk dapat memastikan apakah kucing sudah merasa nyaman di sekitar anak-anak sebelum mengadopsi. Kamu juga perlu memastikan mana saja kucing yang ramah anak dan yang tidak.
 

5. Apakah hewan lain tidak terganggu?


Beberapa hewan peliharaan akan dengan mudah beradaptasi dengan kucing baru, namun beberapa hewan peliharaan lain membutuhkan waktu lebih lama. Sebaiknya kamu memeriksa bagaimana interaksi kucing baru ini dengan hewan-hewan lainnya. Jadi, apakah kamu sudah siap?
(TIN)

MOST SEARCH