COMMUNITY

Makanan Basah atau Kering untuk Kucing, Mana yang Lebih Baik?

Medcom
Jumat 16 September 2022 / 17:15
Jakarta: Makanan basah atau makanan kering masih jadi kebingunganmu saat memelihara kucing. Kamu bisa memberikan keduanya karena makanan basah atau kering memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Makanan basah pada kucing memiliki tekstur daging halus atau jelly dengan air di dalamnya. Jika kamu pernah mencium baunya, tidak harus didekatkan pada hidung pun makanan basah memiliki aroma yang kuat. Sehingga, baunya dapat memancing kucingmu untuk makan.

"Kucing ternyata rentan mengalami dehidrasi, lho. Makanan basah dapat membantu memenuhi kadar air pada kucingmu. Selain itu, makanan kucing juga dapat diberikan dengan obat sekaligus jika kucingmu sulit untuk meminum obat," ujar drh. ArRan seperti keterangan pers yang diterima Medcom.

Tekstur lembut membuat makanan ini mudah dikunyah oleh kucing. Sehingga, makanan basah memang seringkali direkomendasikan untuk kucing yang dibawah umur 6-12 bulan dan kucing dewasa yang memiliki masalah gusi.

Kekurangannya terletak dari makanan basah itu sendiri. Karena mengandung air dan daging yang tidak diolah menjadi kering, sehingga jika makanan dibiarkan terbuka terlalu lama, akan menghasilkan bau tidak sedap dan mengering. Langsung habiskan jika kamu telah membuka kemasan makanan basah, ya!

"Beda dari makanan basah, makanan kering memiliki keunggulan yang tidak dimiliki makanan basah. Makanan kering dapat disimpan lebih lama meskipun kemasannya sudah dibuka. Karena makanan tersebut bersifat kering dengan aroma yang tidak begitu menyengat," terang drh. ArRan.

Karena strukturnya kering, maka makanan ini dapat diberikan saat kamu ingin bepergian dan meninggalkan kucingmu sementara waktu. Selain itu, makanan kering dapat membantu gigi kucing tetap kuat dan sehat, serta membantu mengurangi plak pada gigi kucing dewasa.

Namun, makanan kering memiliki kekurangan. Makanan kering memiliki kadar air sangat sedikit, yaitu 20%. Jadi, untuk menghindari dehidrasi masih kurang cocok. Kucing harus selalu disediakan minum.

"Kamu juga bisa menggabungkan kedua makanan basah dan kering sekaligus, lho! Menggabungkan makanan basah dan kering yang paling membantu adalah dibagi berdasarkan waktu," menurut drh. Ar Ran.

Penggabungan makanan basah dan kering dapat diberikan untuk kucingmu yang sedang melakukan diet. Kesejahteraan dan kebahagiaan holistik kucing menjadi hal penting dalam diet kucing. Kamu bisa memberi jadwal makanan basah di pagi dan malam hari, sedangkan makanan kering di siang hari.

"Setelah penjelasan di atas, kamu tidak perlu bingung lagi memberi kucingmu makanan basah atau kering. Kini kamu bisa terapkan hal-hal di atas kepada kucing kesayanganmu!," pungkas drh. ArRan.

Aulia Putriningtias
(FIR)

MOST SEARCH