COMMUNITY

Rangkul Komunitas untuk Beri Dampak Positif

Yatin Suleha
Jumat 22 April 2022 / 07:14
Jakarta: Beragam support system di sekitar kita menjadi salah satu dukungan yang baik bagi psikologi dan kesehatan mental. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah bergabung dengan orang-orang yang memiliki minta atau kesukaan di bidang yang sama.

Contohnya adalah bergabung ke dalam sebuah komunitas. Selama pandemi covid-19 berbagai minat dalam aneka bidang melesat. Contohnya yang paling banyak diminati adalah seputar tanaman sayur, buah dan tanaman hias. 

Banyak dari mereka selama pandemi akhirnya mencoba berbagai hobi lama atau pun baru yang dapat menambah kesibukan selama pandemi berlangsung. Apalagi saat awal pandemi banyak peraturan yang mengharuskan kita melakukan berbagai kegiatan di rumah saja.

Pergerakan komunitas ini pun dicermati oleh PT. Asia Health Energi Beverages (AHEB) sebagai produsen Kratingdaeng. Hadirnya komunitas memang dirasa membantu menyosialiasikan informasi penting, bahkan mampu membantu menyebarkan banyak informasi di masa pandemi. 

Diharapkan pada masa endemi, komunitas pun semakin ramai dan beragam secara positif. Misalnya saja komunitas pelancong dan pencinta lingkungan—yang jumlahnya ribuan lebih. 

Komunitas ini tidak hanya memberikan informasi mengenai lingkungan saja tapi juga ada yang menginformasikan tentang kegiatan membantu kura-kura yang terjerat plastik dan sampah lain. Informasi ini mampu meningkatkan kesadaran orang untuk tidak membuang limbah sembarangan dan lain-lain. 

“Untuk itu kami dari produsen suplemen kesehatan dalam bentuk minuman energi bemaksud mewadahi dan memberikan dukungan kepada semua komunitas di bidang apa pun yang bisa memberikan inspirasi kepada seluruh masyarakat khususnya generasi muda. Kami menyebutnya Kratingdaeng Community,” ujar Ricky Suhendar, CMO AHEB, dalam acara Media Gathering yang dilansir secara online di Jakarta kemarin.

Ricky Suhendar juga menambahkan, "Kratingdaeng Community merupakan wadah yang dibentuk oleh Kratingdaeng untuk merangkul, mendukung komunitas dan generasi muda Indonesia dalam melakukan aktivitasnya sehingga memberikan dampak positif bagi Masyarakat dan lingkungan sekitar."

"Salah satu aktivitas yang akan segera digelar adalah aktivitas lomba bagi komunitas. Para komunitas dapat mengirimkan berbagai kegiatan atau pengalaman menarik yang telah dilakukan melalui microsite Kratingdaengcommunity.com," beber Ricky.  


fungsi komunitas
(Pemberdayaan komunitas sendiri pada dasarnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mendukung pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Wadahi beragam komunitas


Kegiatan atau pengalaman menarik dari komunitas-komunitas ini akan dinilai oleh dewan juri dan pemenangnya akan diumumkan saat Community Awarding di akhir tahun 2022 dengan support yang sudah disiapkan bernilai total ratusan juta rupiah. 

Tujuan awarding ini tentunya agar komunitas tersebut bisa lebih berdampak di masa mendatang. Untuk itu kami mengundang komunitas yang ingin bergabung dan berbagi cerita bisa segera join pada menu sign-in di microsite Kratingdaengcommunity.com. 

Kirimkan cerita yang bisa menginspirasi kepada orang lain. Komunitas apa pun bisa mendaftar dan mengirimkan berbagai kegiatan atau pengalaman menarik pada microsite tersebut baik dalam bentuk narasi cerita, foto ataupun video. 

Beberapa aktivitas dan cerita komunitas yang menarik akan kami maksimalkan exposure-nya melalui tayangan podcast dengan nama K-Talk yang akan tayang setiap bulannya di Youtube Kratingdaeng Indonesia. 

"Harapan kami melalui aktivitas Kratingdaeng Community ini dapat memberikan inspirasi dan mampu memberikan energi positif kepada setiap komunitas lainnya untuk berdampak kepada masyarakat lebih luas lagi,” tandas Ricky Suhendar.

Sementara itu, Komunitas Caiden Indonesia yang diwakili oleh Septa Adrian, yang juga hadir pada acara media gathering ini menyepakati dan mendukung rencana AHEB untuk membentuk Kratingdaeng Community. 

“Arah komunikasi sekarang memang lebih mengarah pada kegiatan-kegiatan interaktif. Masyarakat sudah lebih bijaksana, cermat dan cerdas dalam memilih produk atau pilihan lainnya. Apalagi dengan munculnya komunitas-komunitas yang diikuti secara sukarela karena memang mereka membutuhkan informasi dari komunitas yg diikutinya,” jelas Septa Adrian.  

Sampai sekarang jumlah komunitas berdasarkan data Sosial Media Line dan Kominfo sejak 2008 sampai 2021 mencapai hampir 400 ribuan, tepatnya 395 ribu komunitas. 

Komunitas ini ada di berbagai platform social media seperti IG, FB, Twitter, YouTuber, Tiktok, dan lain-lain. “Kehadiran Kratingdaeng Community diharapkan meramaikan ranah komunitas yang ada dan juga menghasilkan aktivitas-aktivitas positif,” pungkas Ricky Suhendar.

(TIN)

MOST SEARCH