BEAUTY

Skin Test di e-Commerce Permudah Beauty Enthusiast Membeli Produk Kecantikan Sesuai Kebutuhan Kulit

Yuni Yuli Yanti
Rabu 11 Oktober 2023 / 09:00
Jakarta: Baru-baru ini Lazada melakukan riset mengenai kebiasaan konsumen dalam berbelanja produk kecantikan dan menemukan beberapa alasan konsumen memilih berbelanja produk kecantikan di eCommerce. Pertama, karena tersedianya official store dari brand tertentu yang sudah bekerja sama dengan e-commerce, atau store yang sudah dipercaya kualitas produknya.

Lalu, kenyamanan dan kemudahan pada saat berbelanja online. Pilihan produk yang lengkap dan bisa memilih produk dari berbagai brand dengan lebih mudah dibandingkan mengunjungi toko offline, serta kemudahan untuk mendapatkan berbagai promo dan penawaran menarik.

Melihat fenomena tersebut, Lazada semakin melihat pentingnya fitur yang dapat mempermudah konsumen dalam berbelanja produk kecantikan secara online untuk dapat mencari, menemukan dan membeli produk perawatan dan kecantikan menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga para beauty enthusiast dapat menjalankan ‘Smart Beauty Consumption’. 

Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) Lazada hadir dengan inovasi terbaru yaitu Skin Test. Fitur ini membantu pengguna untuk mengetahui tipe dan permasalahan kulit masing-masing sehingga Lazada dapat merekomendasikan produk sesuai hasil diagnosa tersebut. Fitur ini bisa dengan mudah diakses oleh semua pengguna LazBeauty yang telah menjadi member di LazBeauty Club.

"Fungsinya skin test ini jadi kita membeli produk kecantikan degan tepat yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Fitur ini bekerja untuk membantu konsumen supaya gak bingung lagi saat memeli produk,karena kita Laz Beauty merekomendasikan produk sesuai dari hasil skin test tersebut," jelas Lia Kurtz, Senior Vice President, Category Director FMCG Lazada Indonesia.


(Lia Kurtz saat menjelaskan tentang fitur Skin Test di platform Laz Beauty. Foto: Dok. Yuni)

Lebih lanjut, Lia menambahkan fitur skin test ini bisa dibilang memberikan hasil akurat sekitar 80 persen dan hanya membaca bagian terluar kulit yang hasilnya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. 

"Skin test ini hasilnya tergantung pencahayaan, jenis kamrea hp, dan sedang pakai make up atau tidak. Selain itu, fitur ini juga untuk membantu bukan memberikan diagnosa. Kalau ingin lebih tahu lebih detail tentang kondisi dan jenis kulit, sebaiknya skin test menggunakan alat yang ditempelkan langsung pada kulit di klinik-klinik kecantikan," anjur Lia. 

Seperti diketahuit, fitur ini melengkapi fitur yang sebelumnya sudah ada yaitu Virtual Try-On; yang memudahkan konsumen dalam memilih seri atau jenis produk make up secara virtual di kanal LazBeauty.

Sementara, Putri Caya, seorang Beauty Enthusiast mengungkapkan berdasarkan pengalamannya sebagai konten kreator, mayoritas perempuan banyak menghabiskan waktunya untuk mencari informasi dan memilah berbagai produk kecantikan, baik skincare maupun make up. Apalagi karena kondisi dan kebutuhan setiap orang beragam. 

"Fitur dan layanan yang dihadirkan LazBeauty akan memudahkan  kita untuk menemukan dan mencoba berbagai produk kecantikan, terutama bagi mereka yang baru mulai mau bereksplorasi berbagai tipe produk. Dengan berbagai pilihan produk original dan berkualitas, kita bisa menemukan produk yang sesuai kebutuhan dan budget, sehingga kita bisa menjadi smart buyer," pungkasnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(yyy)

MOST SEARCH