BEAUTY

Genap 1 Dekade, Avoskin Konsisten akan Nilai Keberlanjutan di Industri Kecantikan

Medcom
Kamis 17 Oktober 2024 / 13:39
Yogyakarta: Avoskin pada tahun ini genap berusia 1 dekade. Konsistensi menghadirkan skincare aman dan berkelanjutan menjadi kunci sukses brand kecantikan asal Yogyakarta ini.

Didirikan pada Oktober 2014, Avoskin mengombinasikan bahan alami dan aktif. Konsisten pula menghadirkan produk perawatan kulit inovatif berkualitas tinggi dan mengutamakan keamanan, memantapkan diri sebagai brand skincare lokal yang terus merawat nilai keberlanjutan pada seluruh proses mulai dari konsep hingga pemasaran dan pasca-penggunaan.

Produk pertama Avoskin yakni basic skincare series pada 2014 sukses meraih perhatian publik sebagai skincare lokal yang menitikberatkan inovasi dan keamanan. Diikuti dengan Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE) pada 2016 yang mengantarkan Avoskin pada popularitas berkat keberaniannya sebagai brand skincare lokal pertama yang meluncurkan PHTE.

Avoskin terus melahirkan produk inovatif lainnya seperti Miraculous Refining Series pada 2018 yang menjadi pioneer untuk trend chemical exfoliator di Indonesia, dimana saat itu masih jarang terpapar produk sejenis. Fokus pada eksfoliasi kulit, rangkaian produk ini disempurnakan dengan kehadiran Miraculous Retinol Series yang ditujukan untuk mengatasi penuaan dini dengan kandungan aktif dan ekstrak bahan alami.

CEO Avoskin Anugrah Pakerti menyatakan bahwa keseriusan Avoskin menciptakan produk inovatif berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan pendapatan Avoskin. Secara rata-rata, brand Avoskin mencatatkan pertumbuhan hingga double digit.

"Deretan produk inovatif Avoskin berperan penting dalam mendorong pertumbuhan pendapatan Avoskin pada kurun waktu 2019 sampai saat ini hingga lebih dari 40%. Angka yang jauh lebih tinggi dikomparasi dengan pertumbuhan pendapatan industri skincare pada umumnya sepanjang periode 2019-2024 yang sebesar 2-4%." ungkap Anugrah.

Demi melahirkan produk skincare yang menjawab kebutuhan perawatan kulit dengan tepat, penting bagi Avoskin jeli mengamati dan mengantisipasi pergerakan tren perawatan kulit yang sedang bergulir.

"Didukung riset dan observasi mendalam, memaksimalkan tim Avoskin membuahkan ide inovatif yang diikuti dengan perencanaan formulasi produk secara akurat, dengan mempertimbangkan fungsi yang mampu menjawab kebutuhan kulit dengan seksama, berbekal bahan aktif dikombinasikan dengan kandungan natural untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit sesuai jenis kulit yang tepat," kata Anugrah.

Data internal PT Avo Innovation and Technology menunjukkan Top 5 Kontribusi Produk yang memberikan andil luar biasa pada kinerja bisnis Avoskin sepanjang 2020-2024:
- Miraculous Refining Toner
- Miraculous Retinol Ampoule
- YSB Serum Alpha Arbutin
- YSB Serum Niacinamide
- YSB Serum Vitamin C

Peranan nilai keberlanjutan terhadap perkembangan Avoskin di industri kecantikan

Banyaknya brand skincare yang ikut serta di tengah industri kecantikan selama 10 tahun terakhir memunculkan sejumlah sudut pandang. Di satu sisi menunjukkan peluang yang ada, namun turut menampilkan fakta akan kecilnya kans masuk dalam industri membuat pasar industri kecantikan sangat tersaturasi. Dibutuhkan keunikan sebagai poin pembeda yang jelas bisa dirasakan manfaatnya oleh customer.

Berdasarkan internal data yang diperoleh melalui survei pada target pasar menunjukkan bahwa Avoskin diingat sebagai brand yang memiliki value kuat di bidang sustainability. Hal ini menjadi pembeda jelas dibandingkan brand skincare Indonesia lainnya.

Value tersebut juga terimplementasi dalam ragam program turunan campaign #LoveAvoskinLoveEarth yang berpusat pada keberlanjutan seperti #MulaiDariMejaRias dan #GlowingMilikSemua yang fokus pada hak setiap perempuan dan laki-laki untuk memiliki kulit glowing.

Konsistensi akan value sustainability direalisasikan melalui seluruh produk, diantaranya dengan memakai bahan natural dan kemasan ramah lingkungan, hingga beragam program CSR di bidang pelestarian lingkungan hingga women & child empowerment.

Kesadaran Avoskin sebagai produk yang menganut konsep keberlanjutan merupakan salah satu peluang unik yang dapat dipromosikan secara konsisten, karena kesadaran customer terhadap lingkungan pada dekade ini semakin meningkat. Customer tidak hanya mendapatkan manfaat produk, namun juga memiliki kontribusi terhadap tujuan positif yang lebih besar.

"Secara keseluruhan, semakin banyak customer yang sadar dan mendukung gagasan kami untuk terus berinovasi dengan tetap memperhatikan aspek-aspek kelangsungan lingkungan, seperti lebih mindful dalam membeli produk, dan terlibat langsung dalam upaya mengurangi sampah kemasan produk skincare serta upcycle kemasan menjadi barang yang memiliki nilai tambah." jelas Anugrah.

"Fokus ini memiliki pengaruh bisnis jangka panjang yang cukup kuat dan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian customer akan produk Avoskin," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH