End Google Analytics -->
BEAUTY

Simak! Ini Tips Jaga Kulit Wajah dari Penuaan di Negara 2 Musim

Medcom
Rabu 18 Januari 2023 / 16:12
Jakarta: Negara dengan 2 musim memang diharuskan untuk menjaga kelembapan kulit wajah lebih, dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di negara 4 musim. Hal tersebut termasuk menjaga dari paparan sinar Ultraviolet (UV).

Cuaca panas di Indonesia rentan membuat orang-orang ingin berendam saja. Bisa sekali kita rasakan kering pada kulit wajah. Sinar UV memang sudah umum diketahui dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit.

Menurut dr. M. Yulianto Listiawan selaku dokter spesialis kulit dan kelamin, di Indonesia sendiri telah banyak ditemukan penuaan kulit dini efek dari seringnya terpapar sinar matahari yang berlebihan. Kulit tentu akan terlihat lebih gelap, kering, dan juga kusam.

"Orang terpapar matahari bertahun-tahun tanpa perlindungan yang maksimal bisa mengalami penuaan kulit dini. Kalau itu terjadi, fungsi kulitnya juga akan menurun dan akan mempengaruhi kualitas hidupnya," kata dr. Wawan.

Penurunan fungsi kulit pun dapat dilihat dari tanda-tanda kulit yang mudah sekali gatal dan alergi. Penurunan fungsi kulit pun ternyata bisa terjadi mulai dari remaja usia 12 atau 13 tahun.

“Kalau dilihat secara kasat mata memang tidak kelihatan, tapi kalau kita lihat menggunakan alat kelihatan garis samar-sama di kulit. Itu bukan sesuatu yang bagus untuk usia remaja," lanjutnya.

Para ahli pun sepakat untuk menggunakan tabir surya setiap harinya. Karena tabir surya dapat melindungi kulit wajah, khususnya bagi kamu yang tinggal di daerah panas seperti Surabaya dan Karawang.

Menurut Ketua Perdoski Cabang Surabaya dr. Ary Bandem, SpKK, seharusnya penggunaan tabir surya memang dilakukan juga di dalam rumah, bukan hanya di luar rumah. Hal ini dikarenakan sinar UV atau matahari bisa menembus kaca dan ada sumber lain yang mempengaruhi kesehatan kulit, seperti sinar lampu atau cahaya biru gadget.

Tabir surya atau akrab dikenal dengan sunscreen itu tidak hanya diratakan pada wajah. Namun, bagian kulit lainnya seperti bagian leher. Kamu bisa gunakan Sun Protection Factor (SPF) sesuai kebutuhan, seperti SPF 30 untuk di dalam rumah dan SPF 50 untuk di luar ruangan.

Penggunaan krusial tabir surya adalah di jam 9 pagi hingga 3 sore. Karena saat jam tersebut, sinar matahari sedang intens. Pengaplikasian bisa diulang 4 hingga 6 jam sekali. Tentunya penggunaan tabir surya bukan hanya orang dewasa, tetapi anak-anak juga. Laki-laki maupun perempuan pun disarankan memakainya.

Selain itu, kamu bisa memakai topi, jaket, atau lainnya yang bisa melindungi kamu dari paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kamu!

Aulia Putriningtias
(FIR)

MOST SEARCH